Kompas.com - 07/03/2021, 10:10 WIB
Suasana Pulau Samosir yang ingin ditata Presiden Joko Widodo Albert SupargoSuasana Pulau Samosir yang ingin ditata Presiden Joko Widodo

KOMPAS.com - Bukan rahasia lagi, Danau Toba merupakan destinasi primadona bagi wisatawan yang singgah di Sumatera Utara.

Danau ini sudah menjadi ikon Sumatera Utara. Danau Toba juga merupakan salah satu dari 5 situs geopark di Nusantara dan sudah diakui UNESCO.

Di samping keindahannya yang memesona, Danau Toba juga menyimpan daya tarik lain yaitu Pulau Samosir.

Baca juga: 4 Wisata Samosir, Sumatera Utara, Puas Nikmati Indahnya Danau Toba

Pulau yang terletak tepat di tengah Danau ini memiliki keindahan alam, lengkap dengan kebudayaan Batak yang kental, sehingga menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan.

Jika memutuskan untuk singgah di Pulau Samosir, tempat-tempat berikut ini bisa dijadikan destinasi wisata untuk Anda:

1. Desa Wisata Tomok

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tomok merupakan sebuah desa kecil yang terletak di pesisir timur Pulau Samosir. Di desa adat Batak ini, Anda dapat mengenal dan melihat secara langsung rumah adat batak, pemakaman raja-raja kuno Batak, dan tentu saja daya tarik populer di Danau Toba, yaitu patung Sigale-gale.

Desa ini juga menyimpan banyak peninggalan zaman megalitikum dan purbakala yang membuatnya menjadi salah satu situs kebudayaan Batak terkenal di kalangan wisatawan. Jika beruntung, kedatangan Anda bisa disambut dengan tarian tor-tor dari warga Desa Tomok.

2. Museum Batak

Sebelum beranjak dari Desa Tomok, masih ada satu tempat wisata yang wajib dikunjungi, yaitu Museum Batak. Museum ini telah berdiri sejak 2015 dengan bentuk bangunan berupa Rumah Adat Batak Toba yang biasa dikenal sebagai rumah bolon.

Akses menuju Pulau Samosir, Sumatera Utara.Kementerian PUPR Akses menuju Pulau Samosir, Sumatera Utara.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.