Kompas.com - 01/04/2021, 17:05 WIB
Pemandangan Danau Toba di Sumatera Utara (dok. Instagram @disparkabsamosir). dok. Instagram @disparkabsamosirPemandangan Danau Toba di Sumatera Utara (dok. Instagram @disparkabsamosir).

KOMPAS.com – Hari libur nasional adalah saat paling ditunggu masyarakat untuk istirahat sejenak, bersantai di rumah, jalan-jalan dengan keluarga, atau bertemu sanak saudara.

Jika berencana untuk menikmati libur panjang, sayangnya hari libur nasional pada April 2021 hanya jatuh pada 2 April atau Jumat pekan ini dan bertepatan dengan Wafat Isa Al Masih.

Baca juga: Itinerary Seharian Wisata di Jogja Bersama Anak, Main ke Taman Pelangi

Kendati demikian, kamu tidak perlu berkecil hati karena kamu tetap bisa menikmati libur panjang dengan mengambil hari libur pada Sabtu dan Minggu.

Apabila kegiatan wisata pada hari libur nasional bulan ini kurang mengasyikkan karena waktunya yang kurang lama, kamu bisa manfaatkan hari libur nasional pada bulan-bulan berikutnya yakni sebagai berikut, Kamis (1/4/2021):

Hari Libur Nasional

  • 2 April, Wafat Isa Al Masih
  • 1 Mei, Hari Buruh Internasional
  • 13 Mei, Kenaikan Isa Al Masih
  • 13-14 Mei, Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah
  • 26 Mei, Hari Raya Waisak 2565
  • 1 Juni, Hari Lahir Pancasila
  • 20 Juli, Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah
  • 10 Agustus, Tahun Baru Islam 1443 Hijriah
  • 17 Agustus, Hari Kemerdekaan Republik Indonesia
  • 19 Oktober, Maulid Nabi Muhammad SAW
  • 25 Desember, Hari Raya Natal

Cuti bersama

  • 12 Mei, Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah
  • 24 Desember, Hari Raya Natal

Larangan mudik 2021 dan wisata lokal

Jika kamu berencana untuk mudik lebaran sambil melakukan kegiatan wisata, perlu diketahui bahwa Pemerintah Indonesia resmi melarang mudik 2021.

Baca juga: Itinerary Seharian Wisata di Jalur Jogja-Dieng via Wonosobo Naik Motor

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengutip Kompas.com, Jumat (26/3/2021), larangan mudik 2021 berlaku mulai 6-17 Mei 2021 dan berlaku untuk seluruh masyarakat.

Walaupun mudik dilarang, kamu tetap bisa melakukan kegiatan wisata dengan mengunjungi tempat wisata lokal atau yang lokasinya berada di sekitar domisili.

Ilustrasi mudikGALIH PRADIPTA Ilustrasi mudik

Sebagai contoh, jika kamu berdomisili di Kota Bekasi, kamu bisa melakukan kegiatan wisata dengan mengunjungi beberapa tempat wisata di Kota/Kabupaten Bekasi, Jakarta, atau Kabupaten Bogor yang jaraknya tidak terlalu jauh.

Namun, kamu tetap wajib melakukan 3M yakni menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak meski tempat wisata yang hendak dikunjungi sudah menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Larangan Mudik 2021, Sandiaga Ajak Masyarakat Dukung Wisata Lokal

Untuk menggantikan kehadiran di rumah saudara, kamu bisa gunakan alternatif lain seperti bersilaturahmi menggunakan produk ekonomi kreatif Nusantara.

Misalnya, membelikan kain ulos khas Taruntung, Sumatera Utara untuk dikirimkan kepada saudara yang tinggal di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.