Kompas.com - 01/04/2021, 13:40 WIB
Uji coba pelayanan GeNose 19 di bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (31/3/2021). KOMPAS.com/AJI YK PUTRAUji coba pelayanan GeNose 19 di bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (31/3/2021).

 

KOMPAS.com – Mulai Kamis (1/4/2021), tes GeNose sudah bisa digunakan para calon penumpang pesawat selama pandemi Covid-19.

Adapun, syarat tersebut tertera dalam Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 Nomor 12 Tahun 2021 yang terbit pada Minggu (28/3/2021). Sebelum keluarnya SE tersebut, para pelancong udara hanya bisa menggunakan tes swab PCR atau rapid antigen saja.

Baca juga: Aturan Terbaru Perjalanan Dalam Negeri, Berlaku Mulai 1 April 2021

Namun, keluarnya SE tersebut dan mulai berlakunya aturan GeNose bagi penumpang pesawat menambah ragam pilihan tes Covid-19 yang dapat dipilih.

Melansir Kompas.com, Selasa (30/3/2021), saat ini layanan tes GeNose baru tersedia di Bandara Internasional Yogyakarta, Bandara Internasional Juanda Surabaya, Bandara Sultan Mahmud Baddarudin II Palembang, dan Bandara Husein Sastranegara Bandung.

Harga GeNose di bandara

Saat ini, harga layanan tes GeNose di bandara dipatok harga sebesar Rp 40.000 per tes. Untuk Bandara Internasional Yogyakarta, mengutip Kompas.com, Rabu (31/3/2021), di sana tersedia lima mesin GeNose.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun, lima mesin GeNose tersebut memiliki jam operasional setiap hari pukul 04.00-19.00 WIB. Sementara untuk Bandara Internasional Juanda Surabaya, di sana tersedia 10 mesin.

Waktu operasional mesin tes GeNose di Bandara Internasional Juanda Surabaya adalah setiap hari pukul 11.00-19.00 WIB.

Cara tes GeNose di bandara

GeNose merupakan salah satu dari tiga pilihan tes Covid-19 yang wajib dilakukan calon penumpang pesawat selain swab PCR dan rapid antigen. Tes GeNose harus langsung dilakukan di bandara yang sudah menyediakan alatnya sebelum keberangkatan.

Proses uji coba tes GeNose di dua bandara yang dikelola Angkasa Pura IIDok. Angkasa Pura II Proses uji coba tes GeNose di dua bandara yang dikelola Angkasa Pura II

Meski merupakan syarat wajib untuk melakukan perjalanan, penumpang berusia di bawah lima tahun tidak perlu melakukan tiga tes Covid-19 tersebut.

Bagi yang hendak bepergian dengan pesawat dan memilih GeNose sebagai alternatif tes Covid-19, begini cara menggunakannya:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X