Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/04/2021, 12:01 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kabupaten Pangandaran adalah salah satu dari empat daerah di Jawa Barat yang menjadi destinasi wisata favorit wisatawan.

Pernyataan tersebut berdasarkan data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat yang mencatat hampir 4 juta wisatawan berkunjung ke sana pada 2020, mengutip Kompas.com, Jumat (2/4/2021).

Saat ini, terdapat larangan mudik lebaran 2021. Bagi yang berdomisili di Pangandaran yang tidak bisa berwisata ke tempat wisata di tujuan mudik, kamu tetap bisa melakukan wisata lokal di domisilimu.

Baca juga: Larangan Mudik 2021, Sandiaga Ajak Masyarakat Dukung Wisata Lokal

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut daftar tempat wisata di Pangandaran yang dapat dikunjungi dalam satu hari untuk berwisata lokal, Selasa (13/4/2021).

Meski tempat wisata sudah menerapkan protokol kesehatan, kamu tetap harus memakai masker, cuci tangan, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika sakit.

Pilihan tempat wisata di Pangandaran

Bukit Panenjoan Pangandaran terletak di Dusun Panenjoan, Desa Kersaratu. Jaraknya hanya sekitar 15 kilometer (km) atau 30 menit dari Pantai Pangandaran.

Tempat wisata ini cocok untuk dikunjungi jika ingin menikmati pemandangan alam yang diselimuti kabut pada pagi hari.

Suasana di Bukit Panenjoan, Dusun Panenjoan, Desa Kersaratu, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat (TRIBUN JABAR/Padna).TRIBUN JABAR/Padna Suasana di Bukit Panenjoan, Dusun Panenjoan, Desa Kersaratu, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat (TRIBUN JABAR/Padna).

Meski dulunya merupakan tempat yang menyeramkan, Bukit Panenjoan kini digandrungi wisatawan karena eloknya panorama yang ditawarkan.

Di Bukit Panenjoan, pemandangan yang terlihat adalah perbukitan hijau yang dipenuhi pepohonan hijau dan tanaman yang masih asri.

Baca juga: Cuti Bersama 2021 Dipotong, Wisatawan ke Pangandaran Saat Libur Panjang Akan Berkurang

Jika sudah merasa lapar, kamu bisa menghampiri salah satu warung makan di sana. Harganya tidak mahal dan cukup terjangkau.

Harga tiket masuk Bukit Panenjoan adalah gratis. Kamu hanya perlu membayar biaya parkir saja. Tempat wisata ini buka setiap hari.

  • Pantai Pangandaran, Kecamatan Pangandaran

Tempat wisata andalan Kabupaten Pangandaran ini berlokasi di Desa Pangandaran dan Pananjung. Pasirnya yang halus membuat pengalaman berwisata ke sana terasa nyaman.

Pantai Pangandaran adalah pantai yang landai. Jarak antara pasang dan surutnya pun relatif lama, sehingga kegiatan berenang bisa dilakukan di sana.

Jika ingin menikmati kegiatan yang memacu adrenalin, kamu bisa coba wind surfing, scuba diving, atau snorkeling di pantai tersebut.

Sunset di Pantai PangandaranDisparbud Jabar Sunset di Pantai Pangandaran

Selanjutnya, kegiatan lain yang tidak kalah seru adalah menyeberang ke Pasir Putih untuk melihat karang, atau membeli ikan segar dari para nelayan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com