Kompas.com - 14/04/2021, 20:02 WIB
Seorang warga muslim melakukan tradisi Ngejot di Bali AntaranewsSeorang warga muslim melakukan tradisi Ngejot di Bali

KOMPAS.com – Hari Suci Galungan berlangsung hari ini (14/4/2021). Namun sebelum hari suci tersebut tiba, terdapat hari yang dinamakan sebagai Hari Penampahan.

Guru Besar Ilmu Pariwisata Universitas Udayana I Gede Pitana mengatakan, Jumat (14/2/2020), Hari Penampahan adalah sebutan untuk satu hari sebelum Hari Suci Galungan.

Pada hari tersebut, terdapat satu tradisi yang kerap dilakukan umat Hindu Bali yaitu ngejot—aktivitias pemberian makanan kepada tetangga, baik itu sesama umat Hindu maupun non-Hindu.

Baca juga: Hari Suci Galungan, Apa Saja Rangkaiannya?

“Orang Bali itu, untuk tetangga yang non-Hindu membuat makanan khusus yang tidak ada daging babinya. Biasanya kita masak daging ayam khusus untuk para tetangga non-Hindu seperti tetangga Muslim,” ungkap Pitana, mengutip Kompas.com, Selasa (18/2/2020).

Ia mengatakan bahwa toleransi masyarakat Bali sangat tinggi. Maka, pemberian makanan dalam tradisi ngejot kepada para tetangga masih dilakukan hingga kini.

Lawar ayam.shutterstock.com/AriyaniTedjo Lawar ayam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Siapa saja yang lakukan tradisi ngejot?

Tradisi ngejot dilakukan apabila seseorang baru mendapat pekerjaan atau memiliki lauk yang cukup banyak. Tradisi tersebut merupakan bagian dari upaya berbagi kebahagiaan kepada tetangga.

Bahkan, tradisi ngejot kerap disebut sebagai sebuah ikatan kekeluargaan yang luar biasa lantaran tidak dibatasi oleh perbedaan keyakinan.

“Toleransi di Bali dan hidup secara bersama-sama itu sudah menjadi bagian dari kebudayaan kami,” ucap Pitana.

Pelaksanaan tradisi ngejot

Menurut Pitana, tradisi ngejot tidak selalu dilakukan pada saat menjelang Galungan. Namun, tradisi itu juga tidak dilakukan setiap hari.

Dulunya, tradisi tersebut dilakukan saat seseorang memiliki makanan yang tidak biasa di kehidupan sehari-harinya. Misalnya saat makan daging.

Baca juga: Mengenal Hari Suci Galungan, Menangnya Kebaikan atas Kejahatan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.