Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/04/2021, 07:07 WIB
Desy Kristi Yanti,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Raja Arab Saudi Salman menyetujui apabila sholat Tarawih yang dilaksanakan selama bulan suci Ramadhan diadakan di dua masjid suci yaitu, Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Namun shalar dikurangi menjadi 10 rakaat.

Mengutip dari Arabnews.com, Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais, Kepala Kepresidenan dari kedua masjid suci tersebut mengatakan, keputusan itu didasarkan pada keinginan Raja Salman untuk terus mengadakan ritual ibadah di kedua masjid suci itu.

Keinginan Raja Salman tersebut juga disertai dengan persiapan pada tempat ibadah yang aman dan memenuhi standar kesehatan internasional bagi jamaah.

Baca juga: Penerbangan Arab Saudi Buka Lagi, Saudi Airlines Mulai Jual Tiket

Pihaknya akan mengerahkan semua sumber daya yang ada untuk melayani jemaah selama bulan suci Ramadhan.

Di samping itu, Kementerian Urusan Islam mengumumkan bahwa shalat tarawih dan qiyaam akan digabung dengan shalat isya di semua masjid kerajaan dan tidak lebih dari 30 menit.

Ilustrasi Masjid Nabawi. SHUTTERSTOCK/SAMAREEN Ilustrasi Masjid Nabawi.

Kementerian mengatakan, keputusan itu dibuat guna mengurangi durasi jemaah di dalam masjid untuk meminimalkan tingkat penyebaran Covid-19.

Adapun, izin untuk melaksanakan umrah, shalat, maupun kunjungan ke Masjidil Haram dan Masjid Nabawi hanya diberikan kepada orang-orang yang telah menerima vaksin Covid-19 dengan dibuktikan melalui aplikasi Tawakkalna.

Baca juga: Jemaah Dilarang Berfoto di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Selain itu, Kepala Kepresidenan kedua masjid suci juga tidak memperbolehlan kendaraan tidak resmi berada disekitar wilayah Makkah. Ia juga menegaskan anak-anak dilarang memasuki masjid atau bermain disekitar halaman masjid.

Dalam hal ini, kementerian mengimbau masyarakatnya untuk mengikuti langkah-langkah pencegahan agar memastikan keselamatan, kesehatan, dan keamanan mereka yang mengunjungi Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi.

Sementara itu, Wakil Presiden Masjid Nabawi, Sheikh Mohammed bin Ahmed Al-Khudairi meluncurkan layanan elektronik untuk memperkirakan kapasitas masjid agar mencegah kerumunan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com