Kompas.com - 20/04/2021, 12:39 WIB
Benteng Pendem Ngawi sebelum dipugar. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYABenteng Pendem Ngawi sebelum dipugar.

KOMPAS.com – Kabupaten Ngawi di Jawa Timur ternyata memiliki sebuah benteng bersejarah yang telah ada sejak zaman penjajahan Belanda, yakni Benteng Pendem atau Benteng van den Bosch.

Telah ada sejak 1845-an dan didirikan oleh arsitek Belanda bernama Jacobus van Dentzsch, tempat wisata itu menawarkan bangunan klasik penuh sejarah.

Namun, hanya berwisata di Benteng Pendem Ngawi saja mungkin terasa kurang cukup. Untuk itu, kamu bisa mengunjungi sejumlah tempat wisata lain di sekitarnya agar pengalaman wisata lebih komplit.

Baca juga: Ngawi Tawarkan Dua Suasana Liburan yang Unik, Apa Saja?

Meski tidak bisa berkunjung ke destinasi wisata di tempat tujuan mudik karena ada larangan mudik, kamu tetap bisa berwisata lokal di sekitar Ngawi jika berdomisili di kabupaten tersebut. Misalnya mengunjungi Benteng Pendem.

Berikut deretan tempat wisata di sekitar Benteng Pendem yang dapat kamu kunjungi dalam sehari, Senin (19/4/2021).

Meski tempat wisata sudah menerapkan protokol kesehatan, kamu tetap harus memakai masker, cuci tangan, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika sakit.

1. Benteng Pendem

Benteng van den Bosch, juga dikenal dengan Benteng Pendem Ngawi, berlokasi di Jalan Untung Suropati nomor 3, Kelurahan Pelem, Kecamatan Ngawi.

Benteng bersejarah ini menawarkan suasana jadul yang unik lantaran bangunan benteng memiliki gaya khas Eropa dan Romawi.

Pada 1 Februari 2019, benteng ini sempat disambangi oleh Presiden Joko Widodo dalam kunjungan wisata. Pada saat itu, dia juga meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk merevitalisasi Benteng Pendem.

Tampilan Benteng Pendem di Kabupaten Ngawi yang tengah dipugar untuk dikembalikan ke bentuk semula (dok. Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ngawi Totok Sugiharto).dok. Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ngawi Totok Sugiharto Tampilan Benteng Pendem di Kabupaten Ngawi yang tengah dipugar untuk dikembalikan ke bentuk semula (dok. Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ngawi Totok Sugiharto).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X