Kompas.com - 30/04/2021, 09:09 WIB
Gunung Kerinci. PIXABAY/iqbal nuril anwarGunung Kerinci.

KOMPAS.com - Usai Lebaran 2021, tepatnya tanggal 18 Mei, jalur pendakian Gunung Kerinci akan dibuka kembali bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu lebih dari sehari di sana. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BB-TNKS) bernama Agusman.

Baca juga: Pendakian Wisata Gunung Kerinci Ditutup Selama Lebaran 2021

"Setelah ditutup pada tanggal 5-17 Mei 2018, wisata kawasan pendakian Gunung Kerinci bisa dikunjungi kembali oleh para wisatawan pada tanggal 18 Mei 2021," kata Agusman saat dihubungi oleh Kompas.com, Rabu (28/4/2021).

Ia menambahkan, saat ini pengunjung bisa melakukan pendakian di kawasan wisata Gunung Kerinci selama tiga sampai lima hari.

Para pendaki dari luar negeri saat berpose dengan pendaki lokalKompas.com/Suwandi Para pendaki dari luar negeri saat berpose dengan pendaki lokal

Adapun para calon pendaki bisa melewati jalur pendakian Pos R10 Kersik Tuo dan Camping Ground Bangun Rejo.

Baca juga: 8 Wisata Alam di TN Kerinci Seblat Buka Lagi, Ada Kuota Pengunjung

"Saat ini, kami membuka dua jalur, dari Pintu Kersik Tuo dengan lama kunjungan selama tiga hari dan dari pintu Camping Ground Bangun Rejo dengan waktu kunjungan selama lima hari," ujar Agusman.

Tahun 2020 waktu camping terbatas Satu Hari

Melansir dari Kompas.com, sebelumnya di tahun 2020, pengelola kawasan wisata Gunung Kerinci hanya memperbolehkan kegiatan pendakian berlangsung selama satu hari atau one day trip.

Baca juga: Pendakian Gunung Kerinci Buka Lagi, Waktu Camping Terbatas Satu Hari

Langkah itu diambil lantaran tahun lalu objek wisata ini baru dibuka kembali secara bertahap setelah enam bulan lebih ditutup akibat pandemi Covid-19.

Kuota Pengunjung Gunung Kerinci 2021

Adapun, Agusman mengatakan bahwa Taman Nasional Kerinci Seblat atau pendakian Gunung Kerinci juga menerapkan pembatasan kuota pengunjung pada masa era adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Baca juga: Air Panas Semurup di Bumi Kerinci

Khusus Gunung Kerinci melalui jalur Pos R10 Kersik Tuo, kuota pada new normal adalah 43 orang per hari dari daya dukung biasanya 52-87 orang per hari.

Sementara itu, jika melalui Camping Ground Bangun Rejo, kuotanya 22 orang per hari dari daya dukung normal yaitu 42-46 orang per hari.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X