Kompas.com - 03/05/2021, 06:08 WIB
Pemandangan gunung Gede dan gunung Pangrango dari Cibodas,Cianjur, Jawa Barat. Firmansyah/Volunteer Panthera@Pemandangan gunung Gede dan gunung Pangrango dari Cibodas,Cianjur, Jawa Barat.

 

KOMPAS.com – Hawa sejuk merupakan salah satu yang paling dicari wisatawan dari perkotaan saat hendak berkunjung ke suatu tempat wisata. Selain membuat fisik tidak cepat lelah saat berwisata, hawa sejuk juga dapat membuat seseorang lebih santai dan tenang.

Selama periode mudik lebaran 6-17 Mei 2021, wisata lokal di wilayah aglomerasi dapat dijadikan sebagai alternatif kegiatan pengganti pulang kampung karena ada larangan mudik.

Baca juga: 4 Wisata di Jabar dengan Pemandangan Gunung yang Indah

Jika berdomisili di Jakarta, kamu bisa manfaatkan periode itu untuk melakukan wisata lokal dengan mengunjungi gunung-gunung sekitar Ibu Kota untuk menikmati udara segar.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Kompas.com rangkum enam gunung dekat Jakarta yang masih ada di Jabodetabek, Minggu (2/5/2021):

1. Gunung Pangrango, Kabupaten Bogor

Gunung Pangrango merupakan salah satu dari dua gunung yang berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) bersama Gunung Gede.

Meski begitu, Gunung Gede tidak masuk dalam wilayah Jabodetabek lantaran lokasinya berada di Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi. Sementara itu, Gunung Pangrango juga terletak di Kabupaten Bogor.

Jika tidak ingin mendaki, kamu bisa berkunjung ke Curug Cikaracak di kaki gunung tersebut yang lokasinya berada di Dusun Cibeling, Desa Cinagara, Kecamatan Caringin.

Baca juga: 6 Fakta Menarik Gunung Gede Pangrango yang Terlihat dari Kemayoran

Curug ini diapit oleh dua tebing yang memukai. Selain megahnya air terjun, pemandangan lain yang akan menyambutmu adalah sawah, sungai, dan kebun. Jarak tempuh dari Jakarta area Menteng via tol Jagorawi adalah sekitar 76,1 kilometer (km) atau 1 jam 25 menit.

Gunung Pangrango.KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Gunung Pangrango.

Tempat wisata tersebut buka setiap hari pukul 08.00-18.00 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp 10.000 untuk parkir motor dan Rp 20.000 untuk parkir mobil.

Apabila ingin mendaki, kamu bisa lewat jalur pendakian via Gunung Putri jika ingin menikmati indahnya Alun-alun Surya Kencana dan berfoto dengan bungan edelweiss.

Tarif mendaki Gunung Pangrango adalah Rp 29.000 per orang pada hari kerja, Rp 34.000 pada hari libur, Rp 17.500 untuk pelajar pada hari kerja, dan Rp 20.500 untuk pelajar pada hari libur.

Bagi pelajar yang hendak mendaki, dalam satu grup harus terdiri dari sepuluh orang yang memegang kartu identitas pelajar atau mahasiswa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X