Kompas.com - 06/05/2021, 10:10 WIB

KOMPAS.com – Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah ternyata memiliki wisata air terjun yang begitu indah.

Terletak di tengah hamparan perbukitan, tempat wisata itu adalah Curug Surodipo atau Curug Trocoh yang ada di Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung.

Air terjun ini terletak di ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl). Oleh karena itu, pemandangan dari ketinggian pun tampak begitu menawan.

Baca juga: Curug Surodipo, Air Terjun Indah di Perbukitan Temanggung

Curug Surodipo memiliki lima tingkatan. Namun, kebanyakan wisatawan berkunjung ke air terjun tingkat pertama dengan ketinggian sekitar 120 meter.

Rute menuju Curug Surodipo

Curug Surodipo berjarak sekitar 28,4 kilometer (km) dari pusat Kabupaten Temanggung dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam.

Perjalanan bisa dimulai dari Alun-alun Kabupaten Temanggung. Dari Alun-alun, ambil arah menuju Kecamatan Parakan.

Menuju Parakan dari Temanggung juga merupakan jalan utama menuju Kabupaten Wonosobo, sehingga cukup ikuti jalan utama saja.

Sesampainya di Kecamatan Parakan, tepatnya di pertigaan sebelum Pasar Parakan, belok kanan meninggalkan jalan utama Temanggung-Wonosobo dan masuk ke Jalan Parakan-Weleri.

Lurus terus ikuti jalan utama sampai di sebuah pertigaan di Pasar Ngadirejo. Belok kanan di pertigaan itu kemudian belok kiri mengikuti jalan utama Temanggung-Weleri.

Baca juga: 12 Kegiatan di Curug Surodipo Temanggung, Lihat Pemandangan 6 Gunung

Selanjutnya, akan ada belokan seperti huruf “S” saat sampai di Desa Muntung. Di sini ada plang petunjuk arah menuju SMA Negeri 1 Candiroto. Belok kiri di sini menuju SMA Negeri 1 Candiroto dan tinggalkan jalan utama.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.