Kompas.com - 06/05/2021, 09:09 WIB

KOMPAS.com – Gubernur Bali Wayan Koster mengakui bahwa ia sering ditegur oleh menteri Kabinet Indonesia Maju setiap kali ada wisatawan mancanegara (wisman) yang berulah di Bali.

“Terus terang, saya setiap ada kejadian di Bali yang dilakukan pelanggaran oleh warga negara asing (WNA) itu, saya selalu mendapat kiriman foto atau video dari para menteri di Jakarta,” ungkapnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Koster dalam konferensi pers di Kantor Kanwil Kemenkumham Bali, mengutip Kompas.com, Rabu (5/5/2021).

Baca juga: Cegah Covid-19, Bandara Ngurah Rai Bali Tak Jadi Pintu Masuk RI

Koster menceritakan, sejumlah menteri mengirim foto dan video akan tingkah laku para wisman sebagai bentuk perhatian akan penerapan protokol kesehatan di Bali.

Dia juga diminta bersikap tegas dan berlakukan kebijakan yang sama antara WNA dan warga negara Indonesia (WNI).

“Saya diperingatkan jangan (karena) berlaku sebagai wisman memberikan devisa, lantas melakukan tindakan yang melanggar hukum yang tidak menghormati hukum yang berlaku di wilayah Indonesia,” ujar Koster.

Tingkah laku wisman di Bali yang berujung deportasi

Ilustrasi - Wisatawan di Pantai Kuta, Badung, Bali.Kompas.com/ Imam Rosidin Ilustrasi - Wisatawan di Pantai Kuta, Badung, Bali.

Baru-baru ini, seorang wisman asal Rusia berinisial LS dideportasi karena tidak menggunakan masker saat berkunjung ke sebuah pusat perbelanjaan. 

Alih-alih membeli masker baru, dia malah melukis gambar masker di wajahnya dan mengelabui satpam di pusat perbelanjaan itu. 

Saat berulah, dia merekam aktivitasnya untuk diunggah ke media sosial. Terkait hal ini, Koster mengingatkan, deportasi terhadap LS harus menjadi pelajaran bagi wisman dan wisatawan nusantara (wisnus) di Bali.

Baca juga: Tingkat Kunjungan Wisatawan Domestik ke Bali Meningkat

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.