Kompas.com - 10/05/2021, 18:31 WIB

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Lhokseumawe sejak akan menutup sementara tempat wisata dan hiburan pada 12-23 Mei 2021.

Kebijakan itu menyusul intruksi Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian untuk melakukan pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Wali Kota Lhokseumawe Suaidi Yahya saat dihubungi pada Senin (10/5/2021) mengatakan, dirinya sudah menandatangani surat edaran 100/678/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Baca juga: Pioneer Camp di Lhokseumawe, Tempat Piknik Asyik di Tepi Laut

 

Surat edaran itu pun sudah diedarkan ke seluruh tempat wisata, kafe, restoran, dan lokasi hiburan.

“Tim terpadu akan merazia lokasi wisata. Jadi tidak ada lokasi wisata yang buka,” kata Suaidi Yahya.

Dia menegaskan, intruksi tersebut akan dikawal ketat tim terpadu, serta melibatkan TNI/Polri dan satuan polisi pamong praja.

Dermaga Pertamina di Lhokseumawe. SHUTTERSTOCK/LAUDEIQBAL Dermaga Pertamina di Lhokseumawe.

 

“Untuk restoran dan kafe itu dibolehkan buka. Namun dengan mengurangi kursi 50 persen dari kapasitas biasanya. Selain itu, kita minta dibatasi buka hanya pukul 24.00 WIB maksimal,” ujar dia.

Suaidi meminta masyarakat memahami kebijakan tersebut untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Saat ini, sambung dia, tim terpadu baru tahap sosialisasi. Namun ke depan jika membandel, maka izin usaha bisa saja dicabut.

Baca juga: Resto di Lhokseumawe Ini Tawarkan Sensasi seperti di Rumah Sendiri

Di sisi lain, untuk shalat Idul Fitri dibolehkan secara berjamaah di masjid dan mushala, tetapi harus memenuhi protokol kesehatan.

“Kita sudah koordinasi dengan pengurus masjid untuk patuh protokol kesehatan. Silakan shalat jamaah Idul Fitri. Namun wajib patuh protokol kesehatan, sediakan lokasi cuci tangan, mengenakan masker dan menjaga jarak,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.