Kompas.com - 25/05/2021, 19:11 WIB

KOMPAS.com - Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Bali, melalui Posko Terpadu Pengendalian Transportasi Udara, mencatat sebanyak 103.012 penumpang yang terlayani pada 6-24 Mei 2021.

Berdasarkan keterangan pers yang Kompas.com terima, Selasa (25/5/2021), posko tersebut dilaksanakan pada periode tersebut guna mengantisipasi agar operasional tetap berjalan aman selama pembatasan penerbangan.

Baca juga: Bandara I Gusti Ngurah Rai Siapkan Layanan GeNose untuk Syarat Terbang

Adapun, hal tersebut merujuk pada Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 13 Tahun 2021 Tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri 1442 Hijriah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

"Selama posko terpadu dilaksanakan, tercatat 103.012 penumpang terlayani dengan diangkut 1.071 pesawat udara," kata General Manager Kantor Cabang PT Angkasa Pura I (AP I) Bandara I Gusti Ngurah Rai, Herry A.Y. Sikado.

Lebih lanjut, Herry menuturkan, posko tersebut melibatkan 1.677 personil yang bergantian melaksanakan tugas.

Baca juga: Bandara I Gusti Ngurah Rai Layani 62.000 Penumpang Saat Libur Paskah

Selama bertugas, mereka bersinergi bersama Otoritas Bandara Wilayah IV, TNI Angkatan Udara, dan Polsek kawasan bandara, agar operasional di bandara dapat berjalan kondusif. Lalu, protokol kesehatan dapat dipantau sesuai prosedur.

Sebuah pesawat di Bandara I Gusti Ngurah RaiHumas Polres Buleleng Sebuah pesawat di Bandara I Gusti Ngurah Rai

Selama digelar, posko terpadu mencatat keberangkatan pada 18 Mei dengan jumlah penumpang 7.868, serta 67 pesawat udara yang mengangkut.

"Sedangkan penumpang datang terbanyak juga terjadi pada tanggal yang sama pada 18 Mei yakni 9.349 penumpang serta diangkut 69 pesawat udara," jelas Herry.

Baca juga: 5.600 Petugas Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Jalani Vaksinasi Covid-19

Untuk sektor kargo domestik maupun internasional, mereka tetap beroperasi dengan normal selama posko dilaksanakan pada periode yang sama sebanyak 899.548 kilogram outgoing kargo, dan 450.404 kilogram incoming kargo.

"Terdapat tren positif kenaikan jika dibandingkan pada periode tanggal yang sama di bulan Mei tahun 2020 yakni outgoing 298 persen dan 249 persen incoming," sambung Herry.

Dia menjelaskan, capaian penumpang pada periode tersebut, penumpang yang terlayani pada 1-24 Mei adalah sebanyak 162.909 penumpang.

Baca juga: Penumpang Bandara I Gusti Ngurah Rai Naik 35 Persen Pertengahan Maret 2021

Sementara untuk pesawat udara tercatat sebanyak 1.563. Jika dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu, terdapat kenaikan sebesar 3.740 persen untuk penumpang dan 9.560 persen pesawat udara.

"Komitmen kami di bandara, terus menjaga tingkat layanan kepengguna jasa dan fokus terhadap penerapan protokol kesehatan, hal ini kami lakukan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat menggunakan transportasi udara," tutup Herry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.