Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/06/2021, 18:07 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

 

BOGOR, KOMPAS.com – Sebuah tempat kemah baru di Kabupaten Bogor, tepatnya puncak bukit yang dikelilingi oleh lembah dan hutan belantara, menawarkan pemandangan yang apik.

Namanya adalah Puncak Halimun Camp. Tempat ini berada di kaki Gunung Gede Pangrango, dan menawarkan pemandangan Gunung Salak di kejauhan.

Baca juga: Puncak Halimun Camp Bogor, Kemah di Tengah Gunung Salak dan Gede Pangrango

Marketing Puncak Halimun Camp bernama Jack mengatakan, Selasa (8/6/2021), wisatawan yang kemah di tempat itu akan disuguhi panorama dan kehidupan satwa liar di alam yang indah.

“Di sini owa Jawa muncul kalau pagi, di jam 05:00-07:00 pagi masih dengar suaranya. Tidak pernah lihat langsung. Di area lembah terdengar. Curug Cikahuripan juga kedengeran suaranya kalau pagi,” jelas Jack kepada Kompas.com.

Pemandangan lembah kaki Gunung Gede Pangrango yang terlihat dari Puncak Halimun Camp, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jumat (28/5/2021).kompas.com / Nabilla Ramadhian Pemandangan lembah kaki Gunung Gede Pangrango yang terlihat dari Puncak Halimun Camp, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jumat (28/5/2021).

Jika beruntung, bagi yang kemah di area Camp Pangrango, ada kemungkinan pada siang hari mereka akan disambangi oleh seekor elang Jawa yang terbang di area gardu pandang dekat area pendirian tenda.

Masing-masing area kemah memiliki pemandangan yang beda. Misalnya Camp Pangrango dengan pemandangan Gunung Gede Pangrango dan indahnya matahari terbit pada pagi hari.

Baca juga: 8 Tips Menuju Puncak Halimun Camp Bogor, Lewat Cikereteg

Ada juga Camp Salak dengan pemandangan Gunung Salak, dan menakjubkannya pemandangan matahari terbenam pada sore hari.

Rute menuju Puncak Halimun Camp

Puncak Halimun Camp berlokasi di Jalan Veteran Cipare, Desa Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasinya hanya dua kilometer dari Kopi Daong.

Jarak dari Jakarta adalah 81,2 kilometer (km) atau sekitar 1 jam 47 menit via Tol Jagorawi. Nantinya, terus ambil jalur ke arah Bogor hingga menemui petunjuk ke arah Caringin, Cikereteg, dan Cijeruk.

Adapun, arah ke Caringin, Cikereteg, dan Cijeruk berada pada ruas Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi).

Setelah keluar dari Gerbang Tol Caringin, belok kiri ke arah Cikereteg menuju ke Kopi Daong. Jarak dari lokasi tersebut menuju tempat ngopi kekinian tersebut 10,6 km atau sekitar 33 menit.

“Kalau menuju ke sini disarankan lewat Cikereteg, lewat Kopi Daong. Karena jalurnya tidak rusak dan cukup luas muat untuk dua mobil,” jelas Jack.

Lanjutkan perjalanan dari Exit Tol Caringin

Setelah memasang peta menuju Kopi Daong, lanjutkan perjalanan pada belokan kiri ke arah Cikereteg dari Exit Tol Caringin.

Tidak jauh dari sana, pada sisi kiri jalur, terdapat sebuah tempat pengisian bensin. Jika sudah mulai kurang, isi bensin terlebih dahulu.

Baca juga: 11 Kegiatan Wisata di Puncak Halimun Camp, Bisa Dengar Suara Owa Jawa

Lanjutkan perjalanan dengan berjalan lurus mengikuti jalur utama melewati tempat pengisian bensin lagi pada sisi kiri jalur, dan papan petunjuk menuju ke arah Bogor, Jakarta, dan Alternatif Ciawi-Cisarua.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com