Kompas.com - 11/06/2021, 09:44 WIB

KOMPAS.com – Trekking menjadi salah satu aktivitas wisata yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan.

Biasanya, trekking dilakukan di berbagai destinasi yang punya banyak perbukitan atau gunung. Salah satu destinasi seperti ini adalah Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Ada beberapa tempat di Wonogiri yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas trekking. Beberapa di antaranya adalah Bukit Cumbri di Kecamatan Purwantoro dan Gunung Kelir di Kecamatan Sidoharjo.

Baca juga: Serunya Trekking di Jalan Selogiri-Manyaran, Wonogiri yang Belum Jadi

Selain dua tempat itu, ada jalan tembus Selogiri-Manyaran. Jalan yang menembus Pegunungan Gajah Mungkur itu saat ini memang belum jadi.

Namun, karena itulah jalan tersebut dapat dimanfaatkan untuk aktivitas trekking saat hari libur atau waktu luang.

Menggunakan Google Maps ke jalan tembus Selogiri-Manyaran

Jika ingin trekking atau semacam melakukan pendakian di jalan tembus Selogiri-Manyaran, kamu bisa memulainya dari Desa Kepatihan, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Apabila menggunakan aplikasi Google Maps, kamu bisa menentukan titik di “WONOGIRI MANYARAN Jalan Tembus”. Titik ini berada di sisi utara Pegunungan Gajah Mungkur.

Namun, penting untuk diperhatikan bahwa kamu harus berada di sisi utara Pegunungan Gajah Mungkur (Kota Wonogiri atau Kabupaten Sukoharjo) jika menggunakan Google Maps.

Apabila menggunakan Google Maps dari selatan Pegunungan Gajah Mungkur (Kecamatan Wuryantoro atau Manyaran), kamu akan dilewatkan jalur yang membelah pegunungan itu.

Baca juga: 6 Tips Trekking di Jalan Tembus Selogiri Manyaran, Wonogiri yang Belum Jadi

Padahal jika dari Kecamatan Manyaran (selatan), jalan yang sudah dicor baru sampai Desa Bero saja. Selebihnya sampai titik tujuan di Google Maps itu, masih berupa jalan tanah. Kendaraanmu pun takkan bisa melintas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.