Kompas.com - 15/06/2021, 21:47 WIB

KOMPAS.comMalindo Air, maskapai penerbangan di bawah naungan Lion Air Group, akan uji coba IATA (Travel Pass International Air Transportation Association) Travel Pass untuk penerbangan terpilih.

Adapun, IATA Travel Pass adalah aplikasi perjalanan udara yang akan membantu penumpang mengelola penerbangan mereka sesuai persyaratan dan protokol kesehatan, terutama mengenai validasi hasil uji kesehatan dan vaksin Covid-19.

Baca juga: IATA: Paspor Digital Penerbangan akan Diluncurkan Maret 2021

Diharapkan, uji coba ini dapat menciptakan kebiasaan baru yang mudah, aman, dan nyaman.

Selain itu, pihak Malindo Air berharap agar uji coba ini dapat diiplementasikan di seluruh rute internasional.

Serba digital

Ilustrasi koper barang bawaan di bandara.SHUTTERSTOCK Ilustrasi koper barang bawaan di bandara.

Berdasarkan keterangan resmi dari Malindo Air yang Kompas.com terima, Selasa (15/6/2021), calon penumpang yang memenuhi dokumen dan syarat perjalanan akan diundang secara personal.

Mereka akan diminta mengunduh aplikasi dan mendaftarkan Travel Pass menjelang perjalanan.

Baca juga: IATA Travel Pass Bisa Dipakai ke Singapura Mulai 1 Mei 2021

Sebelum keberangkatan, penumpang yang terpilih untuk uji coba ini akan melakukan verifikasi dan menyampaikan status uji kesehatan Covid-19 secara digital.

Travel Pass ini terdiri dari empat fitur, yaitu daftar persyaratan/ketentuan kesehatan global, daftar pusat registrasi dan verifikasi/pengujian global, aplikasi laboratorium untuk sertifikat kesehatan penumpang, dan aplikasi perjalanan tanpa kontak yang memungkinkan penumpang untuk membuat paspor digital dan mengelola dokumentasi perjalanan secara digital.

Baca juga: Covid Travel Pass IATA Diharapkan Siap Beberapa Minggu Lagi

Ke depannya, penumpang akan bisa menambah informasi dari sertifikat vaksinasi yang terintegrasi dengan pihak berwenang dan maskapai penerbangan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.