Kompas.com - 06/07/2021, 13:09 WIB

KOMPAS.com – Mulai 5-20 Juli 2021, Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi menghentikan sementara layanan keimigrasian tatap muka di seluruh kantor imigrasi di Jawa dan Bali.

Langkah tersebut merupakan implementasi dari PPKM Darurat yang diterapkan pada 3-20 Juli 2021.

Baca juga: Syarat Terbang Selama PPKM Darurat, Wajib PCR dan Bawa Kartu Vaksin

Berikut hal-hal yang perlu diketahui tentang penghentian sementara layanan keimigrasian tatap muka yang Kompas.com rangkum:

Hanya layani kebutuhan mendesak

Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arya Pradhana Anggakara menjelaskan, kantor imigrasi hanya membuka layanan paspor bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dengan keperluan mendesak selama PPKM Darurat.

Baca juga: Paspor Jepang Tetap Paling Kuat 2021, Bagaimana dengan Indonesia?

“Kepada pemohon paspor dengan kebutuhan mendesak seperti berobat ke luar negeri atau tujuan darurat lain kami persilakan datang langsung ke kantor imigrasi terdekat,” katanya dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin.

Tidak hanya itu, sistem antrean daring melalui Aplikasi Pendaftaran Antrean Paspor Online (APAPO) juga berhenti beroperasi untuk sementara.

Pelayanan tatap muka untuk WNA dihentikan sementara

Izin tinggal bagi WNA di Indonesia.Ilustrasi. Foto: Shutterstock Izin tinggal bagi WNA di Indonesia.

Sejumlah pelayanan untuk Warga Negara Asing (WNA) secara tatap muka, antara lain izin tinggal dan status keimigrasian, dihentikan sementara.

Baca juga: Apa itu Paspor Vaksin Uni Eropa? Ini Penjelasannya

Adapun penjamin WNA atau WNA dapat mengajukan permohonan perpanjangan izin tinggal atau permohonan lainnya secara daring melalui situs web https://izintinggal-online.imigrasi.go.id/.

Permohonan visa dilakukan secara daring

Apabila ada orang asing yang ingin mengajukan permohonan visa, maka saat ini pelayanan dilakukan secara daring melalui situs web https://visa-online.imigrasi.go.id/.

Baca juga: Ada Paket Wisata Vaksin ke AS untuk WNI, Khusus untuk yang Punya Visa

“Untuk pelayanan bagi orang asing kami buka secara online sehingga tidak ada lagi orang asing atau penjamin yang datang ke kantor imigrasi,” ujarnya.

Penghentian bersifat sementara

Dihentikannya layanan keimigrasian tatap muka bersifat sementara. Pihaknya juga akan mengevaluasi layanan sesuai arahan Satgas Penanganan Covid-19.

Baca juga: WTO: Paspor Vaksin Penting untuk Keberlanjutan Perjalanan Internasional

“Bagi masyarakat yang memerlukan konsultasi keimigrasian dapat menghubungi kami melalui fitur live chat pada website https://www.imigrasi.go.id/,” katanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.