Kompas.com - 09/07/2021, 09:55 WIB

KOMPAS.com - Pencinta sepak bola kini tengah menanti datangnya laga final Euro 2020. Pertandingan yang mempertemukan Inggris dan Italia itu akan digelar pada Minggu (11/7/2021) mendatang di Stadion Wembley, London, Inggris.

Sebagai tempat berlangsungnya final Euro 2020, Stadion Wembley menjadi perbincangan hangat. Memiliki arsitektur megah, stadion ini juga memiliki cerita yang menarik untuk dikupas.

Baca juga: Jadwal Final Euro 2020, Laga Idaman Italia Vs Inggris di Wembley

Berikut ini adalah 5 fakta unik dan menarik Stadion Wembley yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Stadion terbesar kedua di Eropa

Mengutip Design Build Network, Stadion Wembley memiliki kapasitas 90.000 tempat duduk. Stadion seluas 105 x 699 meter ini menjadi stadion terluas kedua di Eropa setelah Nou camp di Barcelona yang berkapasitaskan 98.000 kursi.

Ilustrasi Stadion Wembley, London, InggrisDok. WEMBLEYSTADIUM.com Ilustrasi Stadion Wembley, London, Inggris

Stadion Wembley juga menjadi stadion olahraga terbesar di Inggris. Tak heran jika stadion ini digunakan sebagai tempat berlangsungnya laga final Piala Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA Cup) setiap tahunnya.

2. Stadion Wembley Sempat dirobohkan

Stadion Wembley sebenarnya dibangun pada tahun 1923. Bangunan lama stadion ini memiliki dua menara indah yang berdiri menjulang sebagai memoar sejarah olahraga Inggris.

Ilustrasi Stadion Wembley di London, InggrisDok. ANDERSKORGJORGENSEN/UNSPLASH.com Ilustrasi Stadion Wembley di London, Inggris

Sayangnya, bangunan lama Stadion Wembley ditutup pada tahun 2000 dan dirobohkan dua tahun kemudian. Pada tahun 2003, bangunan baru dengan nama yang sama didirikan di tempat tersebut.

Stadion Wembley yang baru ini kemudian kembali dibuka pada tahun 2007. Stadion ini juga menjadi rumah bagi Tim Nasional Inggris.

Baca juga: 5 Fakta Jelang Laga Inggris Vs Denmark, Skor Unik 1-0 di Wembley

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.