Kompas.com - 24/07/2021, 18:06 WIB
Pantai Kelapa Panyuran di Tuban Dok. disparbudpora.tubankab.go.idPantai Kelapa Panyuran di Tuban

KOMPAS.comVaksinasi di tempat wisata awalnya dilakukan di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Video proses vaksinasi dengan latar belakang pemandangan laut yang indah sempat viral beberapa waktu lalu di jagad media sosial.

Lokasi pengambilan video itu adalah di wisata South Shore, Kabupaten Gunungkidul. Kamis (8/7/2021). Beberapa tempat wisata lain menjadi sentra vaksinasi setelah itu, seperti HeHa Sky View, Pantai Ngobaran, hingga Kampoeng Kopi Banaran di Kabupaten Semarang.

Baca juga: 5 Sentra Vaksinasi di Tempat Wisata, Disuntik Sambil Lihat Pemandangan Indah

Kabupaten Tuban pun seolah tidak ingin ketinggalan. Kawasan wisata Pantai Kelapa yang tutup selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dijadikan tempat vaksinasi.

Pantai Kelapa tepatnya berada di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Pantai ini masih berada di kawasan pusat Kabupaten Tuban. Jarak tempuh dari Alun-alun Tuban hanyalah sekitar 3 kilometer (km) dengan waktu tempuh 5 menit saja.

Vaksinasi di Pantai Kelapa Tuban

Adapun, Pantai Kelapa Tuban sudah dua kali menjadi tempat vaksinasi. Kali ini, vaksinasi pada Kamis (22/7/2021) dilakukan dengan menggandeng Kodim 0811 Tuban.

"Kali ini kodim menyediakan 1.360 dosis vaksinasi untuk menyasar masyarakat umum dan anak-anak, lokasi di Pantai Kelapa," kata Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf Viliala Romadhon, dilansir dari Tribun Jatim, Kamis (22/7/2021).

Vaksinasi di Pantai Kelapa Tuban.TRIBUNJATIM.com/M SUDARSONO Vaksinasi di Pantai Kelapa Tuban.

Ia melanjutkan, vaksin yang digunakan adalah jenis Sinovac yang secara uji klinis dapat digunakan masyarakat usia 12-17 tahun.

Oleh karena itu, masyarakat sekitar lokasi dan mereka yang berusia 12-17 tahun boleh ikut vaksin dengan membawa fotokopi kartu keluarga.

Baca juga: Gunungkidul Lakukan Vaksinasi di Kawasan Wisata Religi Pura Pantai Ngobaran

Sebelumnya pada Jumat (16/7/2021), Kodim 0811 Tuban sudah menyiapkan 2.000 dosis vaksin. Namun, saat itu yang digunakan hanya 976 vaksin.

Sementara itu Ketua Pokdarwis Pantai Kelapa Muhasan mengatakan bahwa pihaknya bersyukur karena diadakan vaksinasi di sana, meski wisata pantai tutup.

Baca juga: Tanggapi Bendera Putih Pengusaha Hotel dan Resotran di Garut, Sandiaga Ajak Dirikan Sentra Vaksinasi

“Paling tidak pekerja dan pedagang bisa dapat vaksin,” ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.