Kompas.com - 06/08/2021, 11:11 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Batu Secret Zoo menambah koleksi satwanya, yakni macan dahan asia atau asia clouded leopard dan macan dahan sunda atau sunda clouded leopard.

Dokter Hewan Jawa Timur Park (JTP) Group Roosy Margaretha Riupassa mengatakan bahwa hanya ada dua spesies macan dahan di Asia, yakni macan dahan asia dan macan dahan sunda.

Macan dahan asia tersebar mulai dari Nepal, India, hingga Malaysia. Sedangkan macan dahan sunda tersebar di Indonesia, yakni di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Baca juga: Lebih Dari 1.100 Pekerja Wisata di Kota Batu Dirumahkan Akibat PPKM Darurat

Macan dahan sunda yang diberi nama captain itu tiba di Batu Secret Zoo pada tahun 2020 lalu. Spesies itu lahir pada 2015 dan ditangkap melalui aktivitas perburuan liar.

"Dia ditangkap secara paksa oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dari alam liar dan kemudian pihak terkait berhasil menyelamatkan dia di pusat rehabilitasi Cikananga, Sukabumi dan akhirnya di tahun 2020 tiba di Batu Secret Zoo," kata Roosy dalam keterangan tertulis, Kamis (5/8/2021).

Sementara itu, macan dahan asia didapat dari Usti Zoo Ceko. Spesies betina itu lahir pada 16 Juli 2014 di kebun binatang tersebut.

Baca juga: Pemkot Batu Akan Beri Insentif kepada Usaha Pariwisata yang Masih Tutup akibat PPKM

"Lahir di tahun 2014 di tanggal 16 Juli di Usti Zoo Ceko dan datang di Batu Secret Zoo pada tahun 2020 pada Bulan Desember," ujar Roosy.

Ia melanjutkan, salah satu spesies kucing besar itu diberi nama clouded leopard karena mengacu pada pola yang ada di kulit atau bulunya. Pola itu berbentuk seperti awan.

Bedanya, macan dahan sunda berwarna lebih gelap dan keabu-abuan. Sedangkan macan dahan asia lebih cerah dan kekuning-kuningan.

Macan dahan asia dan sunda yang menjadi koleksi Batu Secret Zoo (Jawa Timur Park Group).KOMPAS.COM/Dok. Batu Secret Zoo Macan dahan asia dan sunda yang menjadi koleksi Batu Secret Zoo (Jawa Timur Park Group).

Menurutnya, Batu Secret Zoo yang ada di bawah pengelolaan Jawa Timur Park Group (JTP Group) adalah satu-satunya lembaga konservasi yang memiliki dua spesies macan dahan sekaligus.

"Banyak oknum yang ingin menjadikan satwa ini sebagai satwa peliharaan, tapi mereka tidak tahu bahwa satwa ini sangat berbahaya," katanya.

Baca juga: PPKM Darurat Diperpanjang, padahal Pelaku Wisata di Kota Batu Sudah Rugi Sejak Awal Pandemi

Macan dahan memiliki taring terpanjang di antara satwa jenis kucing besar lainnya. Taringnya mencapai 6 hingga 8 sentimeter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.