Kompas.com - 05/08/2021, 11:41 WIB
Ilustrasi pesawat milik maskapai penerbangan AirAsia. SHUTTERSTOCK/ZHOU EKAIlustrasi pesawat milik maskapai penerbangan AirAsia.

KOMPAS.comAirAsia Indonesia (kode penerbangan QZ) memutuskan untuk memperpanjang penghentian layanan penerbangan berjadwal.

Langkah itu diambil dalam rangka mendukung upaya pemerintah mengatasi penyebaran Covid-19 yang sejalan dengan perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat.

Menurut rilis resmi AirAsia Indonesia, Kamis (5/7/2021), seluruh penerbangan berjadwal AirAsia Indonesia pun tidak beroperasi sementara sampai Senin (6/9/2021).

Baca juga: PPKM Darurat, Penerbangan AirAsia Indonesia Dihentikan Sementara per 6 Juli 2021

Calon penumpang pun bisa mengubah tiket penerbangannya selama periode tersebut menjadi akun kredit yang berlaku hingga dua tahun untuk pembelian tiket berikutnya.

Calon penumpang juga bisa mengubah jadwal penerbangan ke tanggal lain sampai 31 Oktober 2021. Keduanya dapat dilakukan secara tidak terbatas dan tanpa biaya tambahan.

Armada AirAsia Airbus A320 Neo AircraftNEWSROOM.AIRASIA.com Armada AirAsia Airbus A320 Neo Aircraft

Selain itu, calon penumpang juga bisa mengajukan pengembalian dana. Untuk melakukan pengubahan atau pengajuan, calon penumpang dapat melakukannya melalui AVA di airasia.com atau support.airasia.com.

Meski tidak melayani penerbangan berjadwal, AirAsia tetap melayani penerbangan charter dan kargo guna mendukung misi repatriasi, pengiriman barang, serta kepentingan esensial lainnya dengan penerapan protokol kesehatan dan keselamatan yang ketat.

Baca juga: Aplikasi PeduliLindungi Jadi Syarat Terbaru Naik Pesawat, Simak Ketentuannya

Sebelumnya diberitakan Kompas.com, Sabtu (3/7/2021), seluruh penerbangan berjadwal AirAsia Indonesia rute domestik dan internasional tidak beroperasi untuk sementara waktu mulai 6 Juli 2021.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.