Kompas.com - 05/08/2021, 10:10 WIB

YOGYAKARTA,KOMPAS.com -  Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul menyebutkan, ada lebih dari 7.000 pelaku wisata terdampak secara ekonomi akibat kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat yang terus diperpanjang.

Dampak Kebijakan tersebut diperkirakan lebih parah dibanding tahun 2020 yang merupakan awal pandemi Covid-19.

"Kali ini kemungkinan lebih banyak yang terdampak," kata Kepala Dispar Gunungkidul Asti Wijayanti saat ditemui wartawan di Wonosari, Rabu (4/8/2021).

Baca juga: PPKM Diperpanjang, Tempat Wisata di Gunungkidul Masih Tutup

Menurut dia, salah satu faktor kenapa dampak PPKM Darurat lebih parah adalah minimnya simpanan finansial pelaku wisata.

Saat penutupan di awal pandemi, pelaku wisata masih bisa bertahan hidup selama 3 sampai 4 bulan dengan simpanan yang dimiliki.

Namun saat penutupan kedua ini, dampaknya cukup besar. Saat tempat wisata buka lagi untuk uji coba, pemasukan belum sepenuhnya normal dan harus tutup lagi saat PPKM Darurat.

Baca juga: Masih PPKM, Petugas Putar Balik Kendaraan Wisatawan yang Nekat Datang ke Gunungkidul

Asti mengungkapkan jika Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berencana memberikan bantuan untuk memulihkan wisata dan Gunungkidul masuk didalamnya.

Dana yang disiapkan mencapai Rp 2,4 triliun. Namun untuk jumlah sasaran hingga bentuknya seperti apa disebut masih dibahas.

"Pastinya bukan tunai, tapi diarahkan untuk kegiatan-kegiatan yang mendorong wisata lebih siap saat akan dibuka kembali," tutur Asti.

Kebijakan pusat untuk menutup tempat wisata

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan bahwa penutupan kawasan wisata kebijakan dari pusat. Pihaknya tinggal mengikuti saja untuk meminta pelaku wisata Gunungkidul lebih sedikit bersabar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.