Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Soekarno-Hatta Masuk Daftar Skytrax Best Airport Staff 2021

Kompas.com - 09/08/2021, 16:32 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber skytrax

KOMPAS.comBandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) di Tangerang, Banten, masuk ke dalam daftar World’s Best Airport Staff 2021 (Staf Bandara Terbaik di Dunia 2021) dari penghargaan Skytrax World Airport Awards 2021, Kamis (5/8/2021).

Lebih tepatnya, bandara yang menjadi salah satu pintu masuk ke Jakarta tersebut berada di peringkat ke-10 dalam daftar Best Airport Staff in Asia 2021 (Bandara dengan Staf Terbaik di Asia 2021) dari penghargaan yang sama.

Baca juga: Ini Layanan VIP Bandara Soekarno-Hatta untuk Sambut Atlet Olimpiade Tokyo 2020

Adapun peringkat pertama diberikan kepada Bandara Changi di Singapura, disusul oleh Bandara Haneda di Jepang di posisi kedua.

Berikut daftar 10 bandara dengan staf terbaik se-Asia di tahun 2021:

  1. Bandara Changi di Singapura
  2. Bandara Haneda di Tokyo, Jepang
  3. Bandara Incheon di Seoul, Korea Selatan
  4. Bandara Internasional Kansai di Osaka, Jepang
  5. Bandara Internasional Narita di Jepang
  6. Bandara Internasional Hong Kong di Hong Kong
  7. Bandara Internasional Chubu Centrair di Nagoya, Jepang
  8. Bandara Internasional Guangzhou Baiyun di China
  9. Bandara Internasional Taoyuan di Taiwan
  10. Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Indonesia (Jakarta)

Baca juga: Bandara Soekarno-Hatta Naik Peringkat dalam Daftar 100 Bandara Terbaik di Dunia

Penghargaan di kategori khusus

Suasana di Terminal 3 Ultimate Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (12/6/2016). Terminal ini memiliki kapasitas 25 juta penumpang per tahun.KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES Suasana di Terminal 3 Ultimate Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (12/6/2016). Terminal ini memiliki kapasitas 25 juta penumpang per tahun.

Tidak hanya itu, Bandara Soekarno-Hatta juga menerima penghargaan di kategori khusus, yakni The 2021 Covid-19 Airport Excellence Awards.

Berdasarkan laman resminya, penghargaan tersebut mengacu pada penilaian pengunjung berdasarkan beragam kategori, termasuk papan informasi Covid-19, pemberlakuan aturan wajib memakai masker, ketersediaan hand sanitizer, penanda jarak aman, prosedur jaga jarak aman di bagian imigrasi, dan kebersihan terminal secara keseluruhan.

Baca juga: Catat! Daftar 6 Hotel Karantina Dekat Bandara Soekarno-Hatta

Selain Bandara Soekarno-Hatta, bandara lainnya yang mendapat penghargaan di kategori khusus ini, antara lain Bandara Internasional Dubai di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), dan Bandara Internasional Incheon di Korea Selatan.

Sedangkan, di kategori World’s Top 100 Airports 2021 (Top 100 Bandara Dunia 2021), Bandara Soekarno-Hatta berada di peringkat ke-34 atau naik satu poin dari tahun 2020 lalu.

Adapun, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, Bali, dapat ditemukan di peringkat ke-82 atau naik tiga peringkat dari tahun 2020.

Baca juga: Bandara Soekarno-Hatta Layani Dua Rute Penerbangan Domestik Tersibuk di Dunia Februari 2021

Skytrax World Airport Awards 2021

Penghargaan World Airport Awards oleh Skytrax, sebuah perusahaan di Inggris yang berfokus pada bandara dan pesawat, dimulai pada tahun 1999. 

Dilansir dari situs web resminya, penghargaan Skytrax World Airport Awards 2021 mengapresiasi upaya yang dilakukan para pengelola bandara di dunia dalam beradaptasi dan menghadapi tantangan selama masa pandemi Covid-19.

Baca juga: 12 Langkah Bandara Soekarno-Hatta agar Penumpang Aman dari Covid-19

Terdapat beragam kategori dalam penghargaan ini, di antaranya adalah World’s Best Airport in the 10 to 15 million Passenger (bandara terbaik di dunia dalam kategori 10-15 juta penumpang) dan World’s Best Airport Cleanliness (kebersihan bandara terbaik di dunia).

Skytrax World Airport Awards 2021 mengacu pada survei daring yang dijalani oleh pengunjung secara sukarela mulai Agustus 2020 hingga Juli 2021.

Baca juga: Bandara Soekarno-Hatta Sabet Predikat Bandara Teraman dari Covid-19

 

Survei tersebut melibatkan pengunjung dengan lebih dari 100 kebangsaan, serta mengikutsertakan lebih dari 500 bandara. 

Adapun biaya dalam menjalankan survei tersebut berasal sepenuhnya dari Skytrax.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber skytrax
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com