Kompas.com - 14/08/2021, 18:31 WIB

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Pencinta durian kemugkinan akan sangat senang saat mengunjungi sentra penghasil buah beraroma menyengat itu.

Di Aceh Utara, tempat seperti itu ternyata ada di Desa Gunci, Kecamatan Sawang. Desa itu salah satu penghasil durian terlezat di Kabupaten Aceh Utara. Letaknya jauh di pedalaman.

Kiri-kanan depan rumah warga Desa Gunci, diletakan buah durian yang memang dijual kepada pengunjung.

Baca juga: Wisata Monumen Samudera Pasai di Aceh Utara Ditutup akibat Fondasi Bangunan Tak Kuat

 

Harganya durian di Desa Gunci sangat murah. Jika di Kota Lhokseumawe Durian dijual Rp 30.000 per buah, di desa itu hanya Rp 10.000 saja.

Menuju ke sana bisa dilakukan melalui rute Simpang Tiga Krueng Mane, persis di sisi Jalan Medan-Banda Aceh. Lalu belok ke kanan menuju jalan Kecamatan Sawang, Aceh Utara.

Kondisi jalan tidak terlalu bagus karena aspal di beberapa ruas jalan sudah terkelupas. Ikuti jalan lurus itu sampai Tugu Durian, ikon durian di atas tugu kecil di pertigaan jalan.

Dari sana, belok kanan sampai jembatan. Lalu belok ke kiri dan lurus, perjalanan pun sampai di Desa Gunci.

Makan durian di kebun 

Menariknya jika pengunjung kenal dengan warga atau petani lokal, mereka langsung merasakan sensasi makan durian di kebunnya.

Langsung memungut durian yang baru jatuh dan menyantapnya. Rasanya sungguh manis, gurih, kenyal, dan legit.

Tokoh muda desa itu bernama Fazir Ramli mengatakan, kawasan itu dipenuhi pohon durian, manggis, langsat dan rambutan. Saat musim buah, pengunjung bisa datang untuk berburu tiga jenis buah itu.

Pengunjung memilih buah durian di Desa Gunci, Kecamatan Sawang, Aceh Utara, Sabtu (14/8/2021)KOMPAS.COM/MASRIADI SAMBO Pengunjung memilih buah durian di Desa Gunci, Kecamatan Sawang, Aceh Utara, Sabtu (14/8/2021)

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.