Kompas.com - 23/08/2021, 18:01 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka mengantisipasi kedatangan warga ke Kawasan Pantai Parangtritis, Bantul, DIY, polisi akan melakukan penyekatan di tiga titik jalan.

Hal ini lantaran biasanya banyak warga yang akan menggelar tradisi malam 15 Muharram atau Suro pada Selasa (24/8/2021) malam.

Baca juga: 5 Tradisi Peringatan Satu Suro di Jawa, Ada Sedekah Laut

"Ketiga titik penyekatan di sepanjang Jalan Parangtritis itu meliputi Pusat Kuliner Pasar Ngangkruksari, pertigaan setelah jembatan Kretek, dan TPR Parangtritis," kata Kapolres Bantul AKBP Ihsan kepada wartawan di Mapolres Bantul, Senin (23/8/2021).

Penyekatan akan dilakukan mulai Selasa (24/8/2021) pagi. Hal ini untuk menekan mobilitas warga ke kawasan Parangtritis.

Apalagi saat ini status PPKM level 4 masih berlaku, oleh karena itu kawasan wisata masih tertutup untuk umum.

Baca juga: Obyek Wisata Bantul Masih Tutup, Pemerintah Data Pelaku Wisata

Berkaca dari pengalaman malam 1 Muharram, banyak pengunjung yang hendak masuk kawasan Pantai Parangtritis.

"Ini kami lakukan untuk mencegah agar tidak ada kerumunan di Pantai Parangtritis," ucap Ihsan.

Ilustrasi Pantai Parangtritis, Daerah Istimewa Yogyakarta.UNSPLASH/Fahrul Razi Ilustrasi Pantai Parangtritis, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala Satpol PP Kabupaten Bantul Yulius Suharta mengatakan selama ini dari tim Gakkum tetap menjadikan wilayah obyek wisata sebagai pantauan penerapan prokes.

Meski demikian, dia meminta agar pantauan rutin diharapkan dari masing-masing pengelola wisata berperan secara aktif.

Baca juga: Parangtritis, Tempat Mistis dan Pemandangan Laut yang Spektakuler

"Penyekatan dilakukan di saat momentum-momentum tertentu, semisal Pantai Parangtritis saat 1 Suro. Penyekatan dilakukan bersama dengan jajaran polres dan OPD terkait," ucap Yulius.

Perlu diketahui kawasan Pantai Parangtritis yakni di kawasan pantai Parangkusumo terdapat situs religi yang biasa didatangi warga.

Pengunjung biasanya datang saat malam tertentu seperti malam Selasa Kliwon, malam Jumat Kliwon, serta malam 1 Suro dan 15 Suro malam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.