Kompas.com - 23/09/2021, 16:09 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pinus Pengger dan Seribu Batu di Mangunan, Kapanewon Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sudah siap dikunjungi wisatawan. 

Ketua Koperasi Notowono, Mangunan, Kapanewon Dlingo, Purwo Harsono mengatakan, kawasan Pinus Pengger dan Seribu Batu sudah melakukan uji coba secara internal beberapa hari lalu setelah dinyatakan boleh melakukukan uji coba.

"Uji coba internal dan dari dinas sudah kemarin, Pengger hari ini (uji coba melibatkan wisatawan), dan Seribu Batu besok uji coba untuk umum," kata Ipung panggilan akrab Purwo Harsono saat dihubungi, Kamis (23/9/2021).

Baca juga:

Ia menjelaskan, masing-masing tempat wisata tersebut bisa menampung sekitar 1.000 orang dalam sekali kunjungan. Itupun masih banyak ruang kosong, sehingga aman dari kerumunan.

Pengunjung diharapkan sudah meng-install aplikasi PeduliLindungi terlebih dahulu agar tidak repot melakukannya setibanya di lokasi.

Untuk mengantisipasi sinyal provider yang kurang stabil, pengelola juga sudah memasang WiFi di tiap tempat wisata.

Ipung mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata maupun pemerintah yang diharapkan bisa menambah penguat sinyal di lokasi.

"Jaringan penguat sinyal semoga segera terealisasi, karena tidak hanya saat uji coba saja, akan dipakai lama," kata Ipung.

Tempat wisata bernama Tebing Breksi di Yogyakarta (Shutterstock/Yasuspade).Shutterstock/Yasuspade Tempat wisata bernama Tebing Breksi di Yogyakarta (Shutterstock/Yasuspade).

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Singgih Raharjo mengatakan, di tahap I, obyek wisata yang sudah menjalani uji coba terbatas adalah Kebun Binatang Gembira Loka di Kota Yogyakarta, Tebing Breksi di Sleman, dan Hutan Pinus Asri di Bantul.

Sementara tempat wisata yang dibuka di tahap II adalah Candi Ratu Boko dan Merapi Park di Sleman, serta Pinus Pengger dan Seribu Batu di Bantul.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.