Kompas.com - 02/10/2021, 11:23 WIB

KOMPAS.com - Kabupaten Serang merupakan salah satu wilayah yang ada di provinsi Banten. Selain kabupaten, ada pula Kota Serang yang menjadi Ibu Kota Banten.

Serang menyimpan sejumlah sisa bangunan bersejarah masa kejayaan Kesultanan Banten. Serang pun menjadi destinasi wisata yang cocok bagi wisatawan yang gemar berkunjung ke tempat wisata sejarah.

Namun tak hanya wisata sejarah aja, Serang dengan julukan Kota Santri ini memiliki wisata lain seperti wisata alam.

Baca juga: Banten Punya Tempat Wisata Petualangan, Salah Satunya Ujung Kulon

Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke kota ini di akhir pekan, berikut adalah itinerary atau rencana perjalanan berwisata di Kota Serang.

Hari pertama di Kota Serang

Masjid Agung Banten

Masjid ini adalah peninggalan Kerajaan Banten yang berlokasi di Kompleks Masjid Agung Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Jaraknya dari pusat kota Serang hanya 14 kilometer (km) dengan waktu tempuh 29 menit.

salah satu obyek wisata religi di Banten yaitu Masjid Agung Banten.gotravelly.com salah satu obyek wisata religi di Banten yaitu Masjid Agung Banten.

Dilansir dari situs Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Banten, masjid ini memiliki atap bangunan utama yang bertumpuk lima mirip dengan pagoda Tiongkok. Karya tersebut dirancang arsitek Tionghoa yang bernama Tjek Ban Tjut.

Wisatawan juga dapat menemukan kompleks pemakaman sultan-sultan Banten dan keluarganya. Ada makam Sultan Maulana Hasanuddin beserta istrinya, Sultan Ageng Tirtayasa, dan Sultan Abu Nasir Abdul Qohhar.

Selain untuk menjalankan ibadah, wisatawan juga dapat berziarah ke pemakaman sultan. Untuk berkunjung ke Masjid Agung Banten, wisatawan akan dikenakan tiket masuk seharga Rp 5.000 per orang.

Baca juga: Masjid Agung Banten: Sejarah, Arsitektur, dan Akulturasi Budaya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.