Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/10/2021, 12:43 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Desa Wisata Arborek di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, menawarkan beragam suvenir kerajinan anyaman yang dibuat oleh para mama Papua.

Mulai dari topi warna-warni berbentuk ikan pari manta, tas jinjing untuk belanja, noken - tas anyaman khas Papua - untuk membawa botol minum dan ponsel, dan vas bunga dengan berbagai bentuk.

Baca juga:

Seorang mama Papua menceritakan, sehari-hari para mama di Arborek akan menganyam kerajinan kapowen (tas yang terbuat dari pandan laut) dan kayafyof (topi anyaman).

"Selama ini kami di Arborek sebagai mama-mama akan menganyam topi dan tas. Jadi selama lakukan anyaman, saat ada kunjungan tamu," ungkapnya, di Desa Wisata Arborek, Raja Ampat, Rabu (27/10/2021).

Hasil kerajinan para mama Papua di Arborek, Papua Barat, Rabu (27/10/2021).KOMPAS.com/Nabilla Ramadhian Hasil kerajinan para mama Papua di Arborek, Papua Barat, Rabu (27/10/2021).

Kendati demikian, lanjutnya, pandemi Covid-19 menghantam pariwisata Indonesia, sehingga kunjungan wisatawan Nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman) pun terhenti.

Dia mengatakan, pandemi Covid-19 membuat seluruh anyaman yang dibuat para mama di Arborek tidak ada yang membeli satu pun.

Baca juga:

"Jadi, saya harap pak Sandiaga membuka Arborek supaya kami mama-mama akan menjual belikan hasil kerajinan kami," kata dia.

"Pesan dari saya, sebagai mama-mama, semoga bapak pulang dari Arborek, akan membuka (pariwisata) Arborek, dan kami dapat tamu lalu mereka membeli anyaman kami," pungkasnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat berkunjung ke Arborek, Papua Barat, Rabu (27/10/2021).KOMPAS.com/Nabilla Ramadhian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat berkunjung ke Arborek, Papua Barat, Rabu (27/10/2021).

Pada saat yang bersamaan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sedang melakukan kunjungan ke Desa Wisata Arborek.

Baca juga:

Menanggapi pesan dari keluh kesah para mama perajin anyaman di Arborek, Sandiaga mengungkapkan, pihaknya akan memborong seluruh kerajinan tersebut. 

"Kerajinannya bagus, dan saya perlu banyak suvenir. Maka, semua produksinya mama-mama Papua, saya borong hari ini," ujarnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com