Kompas.com - 03/11/2021, 08:13 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Warga di Kalurahan Kampung, Kapanewon Ngawen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, kembali memperkenalkan kopi jenis robusta hasil kebun setempat.

Tanaman kopi yang dikenal sebagai Gunung Gambar ini diperkirakan telah ada sejak 1907 dan awalnya hanya untuk pakan ternak.

Adapun Kalurahan Kampung, termasuk kawasan Gunung Gambar, kini dikembangkan untuk wisata. 

Selain wisata ke kebun kopi, wisatawan juga bisa menikmati kesejukan kawasan Gunung Gambar, pergi ke kebun tanaman hoya, dan wisata religi petilasan Pangeran Sambernyowo, pendiri Puro Mangkunegaran, Solo.

Dari Kota Yogyakarta, wisatawan bisa ke arah Wonosari sampai ke pertigaan Sambipitu, Patuk. Selanjutnya ke Pasar Ngawen, lalu menuju ke Kalurahan Kampung. Waktu tempuhnya sekitar dua jam.

Di kawasan tersebut, pengunjung bisa menikmati kopi yang ditanam warga sejak puluhan tahun lalu.

Baca juga:

"Untuk sementara, kopi hanya bisa dinikmati di kawasan Gunung Gambar, belum bisa dibawa pulang karena produksi kami terbatas," kata salah seorang pegiat wisata Gunung Gambar, Purwo Jayusman, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (2/11/2021).

Ia mengatakan, kopi Gunung Gambar ini berjenis robusta. Berdasarkan buku Mangkunegaran, kopi tersebut ditanam sejak tahun 1907 dan sempat diperbarui sekitar tahun 1970 sampai 1980-an.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.