Kompas.com - 04/12/2021, 10:10 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Kongres ke-V Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) resmi digelar di Kota Bogor, Jawa Barat.

Pelaksanaan Kongres JKPI di Kota Bogor ini digelar selama tiga hari mulai Jumat (3/12/2021) hingga Minggu (5/12/2021).

Ada sekitar 40 kepala daerah yang menghadiri perhelatan besar itu. Mereka akan membahas sejumlah isu tentang budaya dan sejarah Indonesia.

Baca juga: Jabat Ketua Presidium JKPI, Bima Arya Akan Benahi Pelestarian Budaya dan Pusaka di Indonesia

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyampaikan kegembiraannya karena Kota Bogor dipilih sebagai tuan rumah pelaksanaan Kongres JKPI ke-V.

Ia mengatakan, kegiatan kongres tersebut sekaligus menjadi ajang promosi dan pertukaran budaya dari masing-masing daerah.

"Pelaksanaan Kongres ke-V JKPI ini merupakan sejarah, kebanggaan dan kehormatan luar biasa bagi Kota Bogor," kata Bima usai menghadiri pembukaan Kongres JKPI, di Puri Begawan, Jumat.

Baca juga: 4 Vila di Bogor yang Cocok untuk Keluarga, Ada Private Pool

Bima menambahkan, rangkaian acara kongres juga akan dimeriahkan oleh parade budaya serta pameran produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dari masing-masing daerah peserta kongres.

Agenda lainnya, sambung Bima, adalah penyerahan penghargaan kepada penggagas terbentuknya jaringan kota pusaka, yaitu Presiden RI Joko Widodo dan Tri Rismaharini.

Sejarah pembentukan JKPI

Keberadaan JKPI, kata Bima, memang tidak lepas dari peran kedua tokoh itu. Pembentukan JKPI awalnya diprakarsai pada tahun 2005 oleh 4 kota di Indonesia.

Lalu tahun 2008 bertempat di kota Surakarta, Jawa Tengah, JKPI dideklarasikan oleh 12 kota. Kala itu, Jokowi yang masih menjadi Wali Kota Surakarta bertindak sebagai koordinatornya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.