Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/12/2021, 08:58 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

Sumber CNN Travel

KOMPAS.com - Fiji membuka kembali perbatasannya yang sempat tutup selama hampir dua tahun untuk sambut kedatangan turis asing, pada Rabu (1/12/2021).

Negara Kepulauan Pasifik itu berusaha menghidupkan kembali industri pariwisatanya yang menyumbang 40 persen dari ekonomi Fiji.

Penutupan perbatasan untuk semua warga negara asing telah dilakukan sejak Maret 2020 guna menghentikan penyebaran Covid-19. Di sisi lain, penutupan ini menyebabkan naiknya angka pengangguran sekitar 10 persen dari jumlah populasi penduduk Fiji.

Baca juga:

Dengan mempertimbangkan jumlah orang dewasa yang telah divaksinasi lengkap mencapai angka 90 persen, Fiji akhirnya memutuskan untuk membuka kembali perbatasannya bagi wisatawan internasional dari sejumlah negara tertentu.

"Hari ini, kami bangga dan yang paling penting siap menyambut wisatawan pertama yang terbang ke Fiji dalam hampir dua tahun," kata Perdana Menteri Fiji Frank Bainimarama lewat sebuah postingan di Facebook, sebagaimana dikutip dari CNN Travel.

Pihaknya pun menyampaikan ucapan selamat datang kepada setiap wisatawan yang telah divaksinasi dan diuji Covid-19.

Karantina dan tes Covid-19

Wisatawan yang tiba harus menginap terlebih dulu selama tiga malam di resor yang telah disetujui pemerintah dan menjalani tes Covid-19.

Para wisatawan dipersilahkan beraktivitas di sekitar area yang sudah ditentukan, termasuk bar dan restoran yang ada di dalam hotel.

Namun, tampaknya keputusan Fiji membuka kembali perbatasannya tetap akan menimbulkan risiko.

Hal ini lantaran Australia, negara tetangga mereka telah melaporkan kemunculan kasus varian baru Covid-19 tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNN Travel
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com