Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/12/2021, 12:15 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Sebuah video tentang etika membawa tas ransel saat naik pesawat Garuda Indonesia diunggah oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Kamis (2/12/2021).

Dalam video itu, diperlihatkan bahwa etika penumpang yang benar saat membawa tas ransel adalah dengan menjinjingnya.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menjelaskan, membawa tas ransel dengan cara dijinjing bukanlah aturan yang harus dipatuhi, melainkan etika untuk menghargai penumpang lain.

Baca juga: Perbatasan Internasional Dibuka, Garuda Indonesia Kerja Sama dengan Singapore Airlines

“Karena kalau orang bawa ransel, itu (ransel) merasa (seperti) badannya. Padahal orang lain merasa, orang yang memakai ransel itu badan orang lain ditambah ransel,” ujar dia, Jumat (3/12/2021).

Irfan menambahkan bahwa jika ada penumpang yang tidak menjinjing ranselnya tidak apa-apa. Mereka tidak dilarang naik pesawat.

“Cuma orang ini enggak punya etika. Kalau membawa bayi, kita sangat ngerti. Dalam kehidupan, kita menghargai orang lain. Saya ingatkan (etika menjinjing tas ransel) sebagai bagian dari salah satu etika yang dihargai,” sambungnya.

Baca juga: Garuda Indonesia Hadirkan Sensasi Naik Pesawat ala Presiden Jokowi

Jinjing tas ransel saat naik pesawat

Dalam video dari Garuda Indonesia yang diunggah Menparekraf Sandiaga Uno, dikatakan bahwa menjinjing tas ransel merupakan cara yang lebih nyaman bagi penumpang ketika boarding.

Pesawat Garuda Indonesia Doumen humas Kementerian Pariwisata Pesawat Garuda Indonesia

Sebab, menjinjingnya tidak akan membahayakan orang lain. Misalnya saat seorang penumpang tidak sengaja memukul penumpang di belakangnya ketika hendak menggendong tas ransel.

Baca juga: Info Lengkap Ketentuan Bagasi Garuda Indonesia Tahun 2021

Selain itu saat berada di kabin, tas ransel yang digendong tidak akan mengarah dan tak sengaja memukul wajah penumpang lain yang sedang duduk saat penumpang dengan tas ransel ingin menaruh tas di bagasi kabin.

Mengutip informasi pada salah satu unggahan Irfan dalam akun Instagram-nya, Kamis (4/11/2021), etika lain dalam membawa tas ransel saat naik pesawat adalah meletakkannya di atas koper kabin jika membawanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com