Kompas.com - 06/12/2021, 07:07 WIB

ACEH TAMIANG, KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang menutup wisata Gunung Pandan di Desa Selamat, Kecamatan Tenggulun, hingga usai libur Natal dan tahun baru (Nataru).

Meski demikian, tempat wisata lainnya di Kabupaten Aceh Tamiang tetap diizinkan untuk buka saat libur Nataru.

Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang bernama Ziswan, dihubungi Minggu (5/11/2021) mengatakan bahwa penutupan itu dilakukan karena cuaca buruk sering terjadi sepanjang November-Desember 2021.

Baca juga: Tempat Wisata Gunung Salak di Aceh Utara Bakal Tutup untuk Pembangunan Jembatan

Apalagi, sambung dia, seorang wisatawan dilaporkan meninggal dunia karena terseret arus banjir bandang pada 8 November 2021 lalu.

“Hanya Gunung Pandan ditutup sementara sampai batas waktu tidak ditentukan. Kita prediksi, hujan mulai berkurang awal Januari. Bisa jadi nanti Januari 2022 dibuka kembali. Namun, kita lihat bagaimana kondisi hasil pantauan BMKG,” kata Ziswan.

Sedangkan untuk lokasi wisata lainnya, sambung Ziswan, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang mengizinkan dengan catatan pengelola wisata harus patuh protokol kesehatan dan sanggup mengawasi pengunjung di lokasi.

“Mengenakan masker, menyediakan tempat cuci tangan dan sanggup menjaga jarak antarpengunjung. Terpenting, protokol kesehatan harus dijaga. Itu prasayarat utama agar diizinkan buka destinasi wisata selama liburan Nataru,” tutur dia.

Baca juga: Semua Tempat Wisata di Aceh Utara Buka Saat Libur Nataru

Ziswan melanjutkan, karena lokasi Kabupaten Aceh Tamiang berbatasan langsung dengan Sumatera Utara, maka ramai wisatawan dari Provinsi Sumatera Utara.

“Kami harap wisatawan juga patuh protokol kesehatan,” sambung dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.