Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Nataru, Wisata Gunung Pandan di Aceh Tamiang Tutup

Kompas.com - 06/12/2021, 07:07 WIB
Masriadi ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

ACEH TAMIANG, KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang menutup wisata Gunung Pandan di Desa Selamat, Kecamatan Tenggulun, hingga usai libur Natal dan tahun baru (Nataru).

Meski demikian, tempat wisata lainnya di Kabupaten Aceh Tamiang tetap diizinkan untuk buka saat libur Nataru.

Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang bernama Ziswan, dihubungi Minggu (5/11/2021) mengatakan bahwa penutupan itu dilakukan karena cuaca buruk sering terjadi sepanjang November-Desember 2021.

Baca juga: Tempat Wisata Gunung Salak di Aceh Utara Bakal Tutup untuk Pembangunan Jembatan

Apalagi, sambung dia, seorang wisatawan dilaporkan meninggal dunia karena terseret arus banjir bandang pada 8 November 2021 lalu.

“Hanya Gunung Pandan ditutup sementara sampai batas waktu tidak ditentukan. Kita prediksi, hujan mulai berkurang awal Januari. Bisa jadi nanti Januari 2022 dibuka kembali. Namun, kita lihat bagaimana kondisi hasil pantauan BMKG,” kata Ziswan.

Sedangkan untuk lokasi wisata lainnya, sambung Ziswan, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang mengizinkan dengan catatan pengelola wisata harus patuh protokol kesehatan dan sanggup mengawasi pengunjung di lokasi.

“Mengenakan masker, menyediakan tempat cuci tangan dan sanggup menjaga jarak antarpengunjung. Terpenting, protokol kesehatan harus dijaga. Itu prasayarat utama agar diizinkan buka destinasi wisata selama liburan Nataru,” tutur dia.

Baca juga: Semua Tempat Wisata di Aceh Utara Buka Saat Libur Nataru

Ziswan melanjutkan, karena lokasi Kabupaten Aceh Tamiang berbatasan langsung dengan Sumatera Utara, maka ramai wisatawan dari Provinsi Sumatera Utara.

“Kami harap wisatawan juga patuh protokol kesehatan,” sambung dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com