Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/12/2021, 14:37 WIB
Hisnudita Hagiworo,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Liburan bersama anak memang terasa menyenangkan. Namun, orangtua harus pintar memilih destinasi liburan yang ramah anak.

Di Indonesia, kini sudah banyak destinasi liburan yang memiliki fasilitas ramah anak, seperti wahana bermain anak berbasis education dan entertainment atau dikenal dengan istilah edutainment.

Berwisata edutainment bersama anak membuat liburan lebih berkesan. Sebab, anak tidak hanya sekadar bermain, tetapi juga mendapat banyak pengetahuan baru dari liburannya.

Menurut Komisi Perlindungan Anak (KPAI), ada empat kriteria destinasi wisata disebut ramah anak, meliputi keamanan, keselamatan, layanan, dan kepatuhan. Dalam hal ini, penyelenggara dan manajemen atraksi wisata harus memastikan jika sebuah wahana memberikan rasa aman dan nyaman untuk liburan anak, dengan mengutamakan aspek keselamatan jiwa.

Selain itu, fasilitas di destinasi wisata pun juga harus mudah diakses dan tidak membahayakan anak. Tak kalah penting, sebuah destinasi wisata ramah anak juga harus memiliki pelayanan security system berbasis kebutuhan anak.

Baca juga: Catat, 5 Tempat Wisata Ramah Anak di Indonesia

Berikut Kompas.com rekomendasikan tujuh destinasi wisata edutainment yang ramah anak di berbagai kota Indonesia. Simpan dulu buat musim liburan berikutnya ya. Hal terpenting, jangan lupa terapkan protokol kesehatan saat berada di sana.

1. Farmhouse Lembang

Farmhouse Lembang merupakan obyek wisata bertema peternakan bergaya Eropa. Di sini, anak-anak dapat melihat berbagai hewan, seperti kelinci, domba, sapi, dan burung. Bahkan, pengunjung juga dapat memberi makan hewan dengan pakan yang telah disediakan.

Selain itu, anak-anak juga bisa dapat berswafoto memakai busana khas Eropa dengan latar bangunan bergaya Eropa dan rumah kurcaci. Selesai berkeliling, anak dapat melepas dahaga dengan menikmati segarnya susu khas Lembang yang masih fresh secara gratis.

2. Scientia Square Park Tangerang

Scientia Square Park adalah sebuah destinasi wisata edutainment ramah anak yang memadukan beberapa unsur, yaitu edukasi, tempat bermain, serta sarana olahraga. Lokasi ini dibagi dalam beberapa zona, yakni Zona Safari, Zona Adventure, serta Zona Farm and Sustainability.

Baca juga: Rekomendasi 10 Tempat Wisata Anak di Bandung

Di tiap destinasi wisata tersebut, anak-anak dapat berinteraksi langsung dengan hewan dan alam, seperti memberi makan ikan koi, melihat kupu-kupu, dan menunggang kuda.

Lokasi ini juga cocok banget untuk anak yang aktif bergerak. Sebab, anak-anak dapat melakukan berbagai aktivitas outdoor, seperti panjat dinding.

3. Kids Play Science and Waterpark Surabaya

Area bermain di Kids Play Science and Waterpark Surabaya terbagi menjadi dua, yaitu Education Zone dan Experience Zone. Di Education Zone, anak-anak dapat mengetahui berbagai pengetahuan dari wahana pembelajaran yang dikemas secara menarik, edukatif, dan interaktif.

Sementara pada Experience Zone, anak-anak dapat bermain berbagai wahana permainan bersama seluruh keluarga. Atraksi wisata memacu adrenalin anak yang aman dan layak dicoba di sini adalah wall climbing dan flying fox.

Selain itu, Kids Play Science and Waterpark memiliki 5 kolam indoor, yang hanya bisa diakses oleh anak-anak.

Taman Pintar Yogyakarta. Dok. Shutterstock Taman Pintar Yogyakarta.

4. Taman Pintar Yogyakarta

Taman pintar merupakan salah satu destinasi wisata edutainment ramah anak favorit di Yogyakarta. Destinasi wisata ini telah mengantongi sertifikasi Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA).

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com