Kompas.com - 07/12/2021, 08:08 WIB

KOMPAS.com - Gelas hotel bisa jadi merupakan properti kamar hotel yang paling kotor. Ini disebabkan karena gelas yang tersedia di kamar hotel jarang dibersihkan sepenuhnya, atau biasanya hanya sekadar dilap.

Melansir dari Express.co.uk, hasil investigasi menemukan bahwa 11 dari 15 hotel tidak pernah membersihkan atau mengganti gelas di dalam kamar.

Padahal, hotel sering menjadi sarang berbagai kuman dan kotoran karena kamar diisi berbagai macam jenis tamu serta jarang dibersihkan secara menyeluruh. 

Baca juga:

Belakangan ini, terungkap alasan dibalik mengapa para tamu sebaiknya tidak menggunakan ketel dan gelas untuk minum di dalam kamar hotel.

Seberapa bersih gelas hotel sebenarnya?

Gelas hotel yang disediakan di dalam kamar kebanyakan jarang dibersihkan. Biasanya, gelas-gelas hotel hanya dibilas dengan air atau sekadar disemprot menggunakan cairan pembersih.

Penyelidikan dari ABC News menemukan bahwa banyak dari gelas hotel yang bisa menimbulkan risiko kesehatan serius bagi tamu yang menggunakannya.

Pasalnya, dari 15 hotel yang diuji investigasi, 11 hotel terbukti tidak membersihkan gelas dengan benar atau memang sengaja tidak menyediakan gelas baru.

Ilustrasi kamar hotel. FREEPIK/MRSIRAPHOL Ilustrasi kamar hotel.

Seorang pengguna Quora yang pernah bekerja di bagian kebersihan hotel juga mengonfirmasi masalah ini. Seringkali, petugas tidak mengganti gelas hotel, apalagi jika gelas dari tamu sebelumnya terlihat masih bersih dan belum digunakan. 

Baca juga: Tingkat Okupansi Hotel Bintang di Indonesia Mulai Membaik, tapi...

“Gelas minum di kamar hotel tidak dibersihkan dengan produk pembersih apa pun. Pada dasarnya, staf housekeeping ingin membersihkan kamar secepat dan sebanyak yang mereka bisa. Jadi, semakin cepat mereka melakukan pembersihan kamar, maka akan semakin baik.", ujar dia. 

Intinya jika Anda sedang menginap dan benar-benar harus menggunakan gelas hotel, jangan lupa untuk mencucinya dengan air panas dan sabun.

Meski ada hotel-hotel yang selalu mencuci gelas di kamar, ada baiknya tamu membawa botol minum sendiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.