Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/12/2021, 18:06 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - DAMRI melayani angkutan kota rute Bandung menuju Yogyakarta, serta angkutan kota dalam provinsi rute Bandung-Indramayu dan Bandung-Kuningan.

Melansir siaran pers yang Kompas.com terima, Senin (6/12/2021), hadirnya layanan itu merupakan upaya menyediakan transportasi yang aman dan nyaman bagi warga Jawa Barat, khususnya Bandung.

Baca juga: DAMRI Buka Rute Baru di NTT, Layani Trayek Bandara El Tari-Motaain PP

Kepala Divisi Sekretariat DAMRI Sidik Pramono mengatakan, rute masih dalam suasana hari ulang tahun ke-75 DAMRI yang baru saja dirayakan pada 25 November 2021.

“Rute Bandung menuju Yogyakarta, Kuningan, dan Indramayu ini dioperasikan dengan tujuan meningkatkan animo masyarakat untuk kembali menggunakan transportasi bus DAMRI sehingga dapat memulihkan roda perekonomian,” ujar Sidik.

Baca juga: DAMRI Buka Rute Baru untuk Perjalanan Yogyakarta-Jakarta PP

Mengusung tema “Menghubungkan Negeri”, pihak Sidik berkomitmen untuk siap menghubungkan mobilitas antarprovinsi agar lebih cepat dan lebih baik dalam memberikan nilai tambah kepada pelanggan.

Adapun jadwal keberangkatan rute-rute tersebut adalah sebagai berikut:

Baca juga: DAMRI Punya Rute Baru Wisata ke Candi Borobudur dan Dieng

  1. Rute Bandung-Kuningan beroperasi setiap hari dan berangkat dari Terminal Cicaheum pukul 07.00 WIB, 09.00 WIB, 11.00 WIB, 13.00 WIB, 15.00 WIB, dan 17.00 WIB. Tarifnya adalah Rp 100.000
  2. Rute Kuningan-Bandung beroperasi setiap hari dan berangkat dari Terminal Kuningan pukul 06.00 WIB, 07.00 WIB, 09.00 WIB, 11.00 WIB, 13.00 WIB, dan 15.00 WIB. Tarifnya adalah Rp 100.000
  3. Rute Bandung-Indramayu beroperasi setiap hari dan berangkat dari Terminal Cicaheum maupun Terminal Indramayu pukul 05.30 WIB, 10.30 WIB, dan 14.00 WIB. Tarifnya adalah Rp 90.000
  4. Rute Bandung-Yogyakarta beroperasi setiap Jumat dan berangkat dari Pool DAMRI Kebon Kawung pukul 20.00 WIB. Tarifnya adalah Rp 175.000
  5. Rute Yogyakarta-Bandung beroperasi setiap Minggu dan berangkat dari Pool DAMRI Yogyakarta pukul 16.00 WIB. Tarifnya adalah Rp 175.000

Terkait fasilitas, Sidik mengatakan bahwa khusus untuk armada menuju Yogyakarta sudah dilengkapi dengan AC, reclining seat, bagasi, dan toilet khusus.

Rute baru DAMRI dari Bandung ke Yogyakarta, Indramayu, dan KuninganDOK. DAMRI Rute baru DAMRI dari Bandung ke Yogyakarta, Indramayu, dan Kuningan

Syarat naik DAMRI

Sidik menjelaskan, karena termasuk perjalanan jarak jauh, setiap calon penumpang harus sudah divaksin Covid-19 minimal dosis pertama.

Namun, ada pengecualian bagi calon penumpang yang memiliki kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan mereka tidak dapat menerima vaksin Covid-19.

Mereka wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan, yang bersangkutan belu dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

Baca juga: HUT Ke-75 DAMRI, Ada Promo Cashback Rp 20.000

Informasi lebih lanjut dapat diperoleh dengan menghubungi Call Center Halo DAMRI 1500 825, email cs@damri.co.id, atau media sosial (@damriindonesia).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com