Kompas.com - 08/12/2021, 19:14 WIB

KOMPAS.com – Penerbangan dalam jangka waktu yang cukup lama dapat membuat sebagian orang merasa tak nyaman, apalagi harus duduk sebuah kursi sempit kecil selama berjam-jam.

Jika ingin merasakan penerbangan yang nyaman bisa memilih kelas satu atau bisnis, tapi tidak sebuah orang memiliki biaya lebih untuk itu. 

Baca juga: Jangan Bawa 5 Benda Ini dari Pesawat, Awas Bisa Dipidana

Meski begitu, ada beberapa kursi yang lebih nyaman dibanding yang lainnya di setiap penerbangan. Letaknya juga bervariasi tergantung dari penerbangan dan jenis pesawatnya.

Melansir dari Forbes pada Selasa (7/12/2021), berikut ini adalah cara untuk menemukan kursi terbaik di pesawat yang akan membuat penerbangan menjadi lebih nyaman.:

1. SeatGuru

Untuk penumpang yang ingin menemukan kursi terbaik dengan mudah di pesawat bisa mengunjungi situs web bernama SeatGuru.

Caranya dengan memasukan nomor dan hari penerbangan, kemudian akan muncul kode warna khusus di peta kursi.

Setiap kursi akan diberikan penjelasan dan alasannya mengapa penumpang harus memilih kursi tersebut.   

SeatGuru juga tersedia di Play Store serta App Store, sehingga penumpang bisa lebih praktis mengaksesnya dengan mengunduh aplikasinya. 

Baca juga: 10 Benda di Pesawat yang Boleh Dibawa Pulang, Ada Makanan dan Majalah

Ilustrasi pesawat, pesawat terbang saat cuaca ekstrem. Video viral menunjukkan kepanikan dan keributan para penumpang pesawat yang gagal mendarat di Bali. Penerbangan dari Jakarta ke Bali menyebabkan pesawat harus melakukan Return to Base atau putar balik ke Jakarta karena kondisi cuaca buruk di Bali. SHUTTERSTOCK/Skycolors Ilustrasi pesawat, pesawat terbang saat cuaca ekstrem. Video viral menunjukkan kepanikan dan keributan para penumpang pesawat yang gagal mendarat di Bali. Penerbangan dari Jakarta ke Bali menyebabkan pesawat harus melakukan Return to Base atau putar balik ke Jakarta karena kondisi cuaca buruk di Bali.

2. Ubah hari dan waktu

Cara menemukan kursi terbaik sudah diketahui dari penjelasan di atas, tapi bagaimana jika mendapat pesawat yang berbeda? Jika salah pilih, penumpang bisa mendapat kursi yang tidak nyaman.

Sebagian besar maskapai penerbangan menggunakan pesawat yang sama pada rute atau waktu tertentu, namun pesawat yang lebih besar atau lebih kecil memiliki tata letak yang berbeda.

Untuk mengatasi hal tersebut, periksa dengan teliti lebar kursi di SeatGuru atau di situs maskapai. Misalnya sebuah penerbangan Boeing 777 menerapkan aturan tata letak 3-4-3, sementara yang lainnya memiliki pengaturan 3-3-3.

Pastinya akan ada sedikit perbedaan dari kedua tata letak tersebut. Oleh sebab itu, periksa dengan cermat karena maskapai yang sama juga memiliki tata letak interior yang berbeda.

Pada akhirnya, jika ingin sekali mendapat kursi tenyaman, penumpang bisa mengganti hari dan waktu penerbangan.

Baca juga: 4 Etika Bawa Tas Ransel di Pesawat, Jangan Sampai Memukul Orang Lain

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.