Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2021, 13:01 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya menyepakati dalam sebuah rapat terbatas (ratas) bahwa tak ada penyekatan seperti ganjil genap untuk wisata selama Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

“Kami sepakat bahwa tidak ada penyekatan. Yang ada memastikan pelaku perjalanan sudah tervaksinasi dan terintegrasi PeduliLindungi,” kata dia dalam Weekly Press Briefing di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (6/12/2021).

Baca juga: Wisata Saat Nataru, Anak Usia di Bawah 12 Tahun Wajib Tes PCR

Sandiaga tak menampik bahwa kebijakan terkait ganjil genap tidak bisa dipukul rata untuk diterapkan di sejumlah kawasan wisata populer, misalnya Candi Borobudur dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Dia menambahkan jika kebijakan ganji genap diterapkan di kawasan wisata, hal tersebut merupakan kewenangan pihak selain Kemenparekraf.

“Diputuskan sesuai situasi dan kondisi terkini oleh Satgas Covid-19 setempat yang berkoordinasi dengan Kepala Daerah setempat, supaya tidak ada penumpukan yang tentunya tidak sesuai dengan protokol kesehatan di destinasi-destinasi wisata,” tutur Sandiaga.

Baca juga: 3 Syarat Bepergian Saat Nataru 2022, Wajib Sudah Divaksin Lengkap

Penerapan ganjil genap di kawasan wisata

Banten

Kapolda Banten Inspektur Jenderal Rudy Heriyanto mengatakan, instruksi penerapan pembatasan kendaraan ke kawasan wisata sudah diberikan olehnya kepada jajarannya.

Adapun hal ini dilakukan agar kunjungan wisatawan dapat terkendali, serta mencegah terjadinya gelombang ketiga Covid-19.

Baca juga: 5 Benda Wajib Bawa Saat Perjalanan Selama Masa Pandemi Covid-19

“Ganjil genap berlaku di tempat wisata prioritas yang memang selama ini ramai. Di antaranya Pantai Anyer, Pantai Carita, kawasan hotel, dan penginapan,” tutur dia, mengutip Kompas.com, Sabtu (27/11/2021).

Jakarta

Di wilayah DKI Jakarta, melansir akun Instagram resmi milik Traffic Management Centre (TMC) Polda Metro Jaya yakni @tmcpoldametro, ganjil genap diterapkan di tiga kawasan wisata populer.

Dalam salah satu unggahannya pada Senin (6/12/2021), tiga kawasan wisata itu adalah Taman Impian Jaya Ancol, TMII, dan Taman Margasatwa Ragunan.

Penerapan ganjil genap di tiga destinasi wisata di Jakarta dimulai pada Jumat pukul 12.00 WIB hingga Minggu pukul 18.00 WIB.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com