Kompas.com - 16/12/2021, 15:03 WIB

KOMPAS.com - Jika tak ingin terkena denda atau masuk daftar hitam, ada beberapa hal yang wajib kamu lakukan saat sebelum dan selama menginap di hotel.

Beberapa waktu lalu, persoalan tamu hotel yang bayar denda Rp 5 juta karena tinta tato miliknya mengenai seprai kasur, ramai di media sosial TikTok.

"Setiap hotel punya kebijakan masing-masing. Namun secara umum, memang properti hotel itu seharusnya ditinggalkan dalam keadaan yang sama seperti ketika datang. Jadi tidak rusak, pecah, bernoda, dan lainnya karena akan berdampak luas," kata Ketua Umum Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) I Gede Arya Pering Arimbawa, kepada Kompas.com, Kamis (16/12/2021).

Baca juga: Jangan Pesan Hotel Sebelum Pastikan 6 Hal Penting Ini

Dampak ini salah satunya akan berpengaruh untuk biaya penggantian properti kamar. Biasanya, barang satuan apalagi jika handmade atau pesanan khusus, harganya bisa berkali lipat lebih tinggi.

Tak hanya itu, petugas kebersihan hotel juga akan kesulitan untuk menyiapkan kamar bagi tamu selanjutnya. Selanjutnya, pergerakan kamar dalam hotel bisa terhambat, sehingga berpengaruh ke hal-hal lainnya.

Untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, Arya memberi imbauan mengenai beberapa hal yang harus dilakukan sebelum menginap dan check in di hotel.

4 Hal yang harus dilakukan saat menginap di hotel

Berikut beberapa sarannya seperti yang sudah dirangkum Kompas.com:

1. Ketahui keterangan lengkap kamar yang dipesan

Sebelum finalisasi pemesanan kamar, baik melalui telpon, langsung, atau situs internet, ada yang harus diperhatikan.

Virgin Seared Norwegian Salmon dari The Sulta Hotel & Residence.. Kompas.com/Silvita Agmasari Virgin Seared Norwegian Salmon dari The Sulta Hotel & Residence..

Biasakan untuk mengecek detail pemesanan. Mulai dari fasilitas yang didapatkan, voucer makan, jenis kasur, ketersediaan jendela atau balkon, sampai ada smoking room atau tidak.

Baca juga: Waktu Terbaik Berburu Tiket Pesawat dan Hotel Murah, Simak agar Hemat

"Biasanya hal-hal kecil seperti kasur king bed, queen bed, atau twin bed itu bisa jadi tidak semua tamu memperhatikan, tapi penting. Jadi, jangan sampai buru-buru memesan," jelas Arya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.