Kompas.com - 16/12/2021, 07:04 WIB

KOMPAS.com - Agensi Digital Jepang akan meluncurkan aplikasi software yang memudahkan pelaku perjalanan melalui prosedur bea cukai, imigrasi, dan karantina (CIQ).

Dilansir dari Xinhuanet, aplikasi bernama Visit Japan Web tersebut rencananya diluncurkan pada Senin (20/12/2021).

Aplikasi ini bakal membebaskan pelaku perjalanan dari kewajiban mengumpulkan sejumlah dokumen fisik. Namun, mereka harus melakukan registrasi melalui ponsel mereka terlebih dahulu. 

Pelaku perjalanan wajib memasukkan informasi mengenai karantina dan deklarasi bea cukai yang berisi nama, alamat, kondisi kesehatan, dan informasi lainnya lewat aplikasi ini. 

Baca juga:

Selanjutnya, petugas di perbatasan akan meminta mereka untuk memindai kode QR. Aplikasi ini diharapkan dapat memperpendek durasi prosedur masuk. 

Aplikasi ini akan tersedia dalam bahasa Jepang dan Inggris, tetapi tidak menutup kemungkinan bahasa lainnya akan ditambahkan nantinya. 

Pemerintah Jepang telah mendorong digitalisasi prosedur tersebut guna mengurangi risiko infeksi, sekaligus meringankan beban petugas fasilitas CIQ di bandara akibat kekurangan pegawai. 

Jepang juga telah memperketat aturan di perbatasan untuk mencegah penyebaran varian baru Covid-19 Omicron. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Xinhuanet
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.