Kompas.com - 05/01/2022, 10:56 WIB
Ilustrasi wisatawan yang datang ke destinasi wisata di Bali. PIXABAY/PEGGY_MARCOIlustrasi wisatawan yang datang ke destinasi wisata di Bali.

KOMPAS.com - Belum lama ini, Bali didorong menjadi salah satu lokasi karantina.

Ini salah satunya disuarakan sebagai satu dari lima aspirasi dalam Forum Bali Bangkit.

Mengutip Tribun Bali, aspirasi tersebut mendorong agar karantina wisatawan mancanegara di Bali menggunakan pola wilayah, karena Pulau Bali dinilai merupakan zona hijau.

Dengan demikian, seluruh Pulau Bali ditetapkan sebagai pulau karantina dan wisatawan dapat memilih tinggal di seluruh hotel yang sudah tersertifikasi CHSE di pulau tersrbut.

Terkait aspirasi tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, mekanismenya masih akan dibahas di dalam rapat terbatas bersama kementerian dan lembaga terkait.

"Bali menjadi salah satu lokasi karantina hal itu juga yang kita dorong dan usulkan, mekanismenya seperti apa nanti akan dibawa dalam ratas bersama kementerian dan lembaga terkait."

Demikian diungkapkan Sandiaga dalam Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (03/01/2021).

Baca juga: Durasi Karantina Pelaku Perjalanan Internasional Dikurangi Jadi 7-10 Hari

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, dalam Weekly Press Briefing di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat, Senin (03/01/2022)..DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, dalam Weekly Press Briefing di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat, Senin (03/01/2022)..

Menurutnya, beberapa hal yang masih perlu dibahas terkait persiapannya, termasuk kemudahan visa dan skema karantina yang lebih fleksibel.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga menyebut hasil survei internal di mana minat wisatawan mancanegara datang ke Bali pada kuartal pertama setelah libur Natal dan Tahun Baru mencapai 57 persen.

"Untuk itu penyesuaian yang perlu dilakukan guna
memudahkan kedatangan wisatawan mancanegara. Penyesuaian dari segi kemudahan visa, penerbangan langsung, dan karantina yang fleksibel," katanya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.