Kompas.com - 06/02/2022, 16:11 WIB

KOMPAS.com - Kabupaten Jepara, Jawa Tengah terkenal sebagai kota ukir karena banyak penduduk yang berprofesi sebagai perajin ukiran kayu. Bahkan, popularitas seni ukir Jepara telah menyebar ke berbagai belahan dunia.

Tak hanya Kota Ukir, Jepara juga memiliki barisan pantai yang indah. Beberapa di antaranya, memiliki pasir putih seperti pantai-pantai di Bali atau tempat lainnya yang punya pantai cantik.

Keindahan pantai-pantai di Jepara mampu menarik kunjungan wisatawan, baik domestik maupun asing. Berikut, tujuh pantai Jepara yang memukau wisatawan.

Baca juga: 10 Hotel di Jepara Dekat Pantai, Cocok untuk Lihat Sunset

Pantai indah di Jepara

1. Pantai Kartini

Kawasan Pantai Kartini, Jepara.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kawasan Pantai Kartini, Jepara.

Pantai Kartini merupakan ikon Kabupaten Jepara. Namanya, mengingatkan kita kepada tokoh yang memperjuangkan emansipasi perempuan kelahiran Jepara, RA. Kartini.

Mengutip situs Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jepara, obyek wisata ini terletak 2,5 kilometer (km) dari Pendopo Kabupaten Jepara.

Suasana di sekitar pantai cukup sejuk, sehingga sangat cocok untuk rekreasi keluarga atau acara santai lainnya.

Pengunjung bisa melepaskan lelah dengan duduk-duduk di bawah gazebo sambil menikmati terpaan angin laut. Di sekitar Pantai Kartini, terdapat deretan toko suvenir kerajinan laut yang dapat dijadikan buah tangan para wisatawan.

Baca juga: Itinerary 2 Hari 1 Malam di Jepara, Main Air di Pulau Panjang

Kawasan seluas 3,5 hektar ini, merupakan kawasan strategis karena menyediakan jalur transportasi laut menuju obyek wisata Taman Laut Nasional Karimunjawa dan Pulau Panjang.

Kawasan Pantai Kartini memiliki akuarium raksasa yakni Kura-kura Ocean Park.

Dikutip dari Kompas.com, Rabu (21/04/2021), akuarium raksasa tersebut menampilkan koleksi satwa laut seperti ikan hiu, penyu sisik, pari, kakap, kerapu, buntal, serta jenis ikan lokal dari Kepulauan Karimunjawa.

Pengunjung bisa mencoba terapi ikan garra rufa yang didatangkan langsung dari Turki. Adapula ruang teater yang memutar film tentang kehidupan laut berdurasi 30 menit.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.