Kompas.com - 10/03/2022, 07:04 WIB

KOMPAS.com - India akan kembali membuka penerbangan internasionalnya mulai 27 Maret 2022 mendatang, setelah dua tahun ditangguhkan.

“Setelah musyawarah dengan para pemangku kepentingan dan memperhatikan penurunan kasus Covid-19, kami telah memutuskan untuk melanjutkan perjalanan internasional mulai 27 Maret dan seterusnya,” kata Menteri Penerbangan Sipil India, Jyotiraditya Scindia, seperti dikutip Kompas.com Asia Times, Rabu (09/03/2022).

Baca juga:

Sebelumnya, India menangguhkan semua penerbangan internasional terjadwal sejak 23 Maret 2020.

Kala itu, kasus Covid-19 mulai meningkat secara global. Akibatnya, larangan tersebut sempat diperpanjang hingga beberapa kali.

Misalnya, seperti diberitakan Kompas.com, Sabtu (22/01/2022), Pemerintah India memperpanjang larangan penerbangan internasional hingga 28 Februari 2022.

Keputusan tersebut muncul di tengah varian Omicron yang merebak di seluruh dunia.

Baca juga: India Larang Penerbangan Internasional hingga Waktu yang Tidak Ditentukan

Scindia juga mengatakan, seiring dibukanya kembali penerbangan internasional, maka gelembung perjalanan bilateral dengan 37 negara akan dicabut.

Dalam aturan ini, maskapai penerbangan dari masing-masing negara diizinkan untuk mengoperasikan penerbangan internasional dalam jumlah terbatas ke wilayah lain, dalam batasan tertentu.

Mumbai, India. Penerbangan internasional India akan dibuka kembali 27 Maret 2022.SHUTTERSTOCK/SOCIAL MEDIA HUB Mumbai, India. Penerbangan internasional India akan dibuka kembali 27 Maret 2022.

Menurut klarifikasi Kementerian Penerbangan Sipil India, operasi penerbangan internasional terjadwal akan secara disiplin mematuhi aturan ketat pedoman keselamatan Covid-19 yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga.

Baca juga: Sejarah Berdirinya Taj Mahal

"Semua operasional (maskapai) ini harus tunduk pada kepatuhan ketat terhadap pedoman kementerian," demikian kutipan isi keterangan resmi kantor Direktur Jenderal Penerbangan Sipil India, Selasa (08/03/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.