Kompas.com - 14/03/2022, 18:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bakal berkemah di kawasan ibu kota negara (IKN) Nusantara di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022) malam.

Lokasi kemah berada di sebuah hutan yang terletak di Kawasan Sepaku.

Baca juga:

Adapun tenda yang digunakan Jokowi dan Iriana, seperti tampak pada foto milik fotografer presiden Agus Suparto, berbentuk dome atau kubah dengan dominasi warna abu-abu dan krem, serta aksen putih pada beberapa bagian.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono membenarkan bahwa merek tenda tersebut adalah quechua arpenaz.

Meski demikian, tenda tersebut tidak dibeli baru melainkan tenda lama milik Sekretariat Presiden yang digunakan saat gempa di Poso 2018 lalu. Fasilitas pun menurutnya sama seperti tenda kemah pada umumnya.

"Itu tenda inventaris udah lama punya Setpres.."

"Hanya tenda biasa saja, di dalamnya ada kasur untuk kemah yang dipompa," kata Heru saat dihubungi Kompas.com, Senin (14/03/2022).

Baca juga:

Heru menyampaikan, ada sekitar 40 tenda yang disediakan. Nantinya tenda-tenda tersebut akan diisi oleh beberapa menteri dan pejabat lain.

Beberapa di antaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir, serta Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Selain itu, Kepala Otorita Pak Bambang Susantono, Wakil Kepala Otorita Pak Dhony Rahajoe, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, dan 15 orang tokoh lokal juga dilaporkan ikut berkemah bersama presiden.

Lokasi Jokowi berkemah di titik nol ibu kota negara, Sepaku, PPU, Kaltim, Minggu (13/3/2022).Dok. Humas Pemprov Kaltim Lokasi Jokowi berkemah di titik nol ibu kota negara, Sepaku, PPU, Kaltim, Minggu (13/3/2022).

Tersedia kompor dan shower

Di lokasi kemah juga turut disediakan beberapa unit kompor gas dan lampu baterai guna penerangan di malam hari.

Di dalam tenda tersebut terlihat beberapa botol air mineral dan buah-buahan berjajar di atas meja yang disediakan untuk presiden.

Baca juga:

Dikutip dari Kompas.com(14/03/2022), Heru mengatakan tidak ada suguhan istimewa selama kemah.

Bahkan, kata dia, tenda tersebut juga tidak dilengkapi pendingin ruangan atau AC.

"Makanan biasa saja kue dan buah. Enggak ada (makanan khusus). Paling Indomie (mi instan)," ujar Heru.

"Ya menginap di tenda, isi tenda hanya kasur saja. Enggak ada (AC)," tambahnya.

Halaman:
Sumber Kompas.com


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.