Kompas.com - 29/03/2022, 10:27 WIB

KOMPAS.com - CODA dinobatkan sebagai film terbaik dalam penghargaan Oscar 2022 atau Academy Awards ke-94 yang digelar pada Minggu (27/03/2022) waktu Los Angeles, AS.

Film garapan sutradara Sian Heder ini berhasil mengalahkan nominasi lainnya, yakni The Power of the Dog, Belfast, West Side Story, King Richard, Dune, dan lainnya.

Baca juga: CODA Jadi Film Terbaik Oscar 2022

Seperti judulnya, film ini menceritakan seorang gadis yang terlahir dari keluarga tunarungu atau Child of Deaf Adults (CODA). Ruby Rossi (Emilia Jones) terlahir normal di antara orang tua dan saudara laki-laki yang tuli. Setiap hari, mereka berbicara dengan bahasa isyarat.

Ruby harus menjadi interpreter Frank Rossi (Troy Castur), Marlee Rossi (Marlee Martin), dan Leo Rossi (Daniel Durrant) dalam berbagai situasi, termasuk urusan bisnis keluarga.

Keluarga ini menjalankan bisnis perikanan yang tengah terancam bangkrut. Kondisi ini menimbulkan dilema bagi Ruby, antara keluarga dan kecintaannya terhadap musik. Sebab, sejak lama Ruby bercita-cita menjadi seorang penyanyi.

Film CODA mengambil latar belakang di Massachusetts, AS. Hampir seluruh adegan diambil di kota pesisir di Massachusetts agar tampak otentik.

Lokasi syuting CODA, film terbaik Oscar 2022

Berikut lokasi syuting CODA, film terbaik dalam ajang Oscar 2022. 

1. Gloucester, Massachusetts

Glouchester, Massachusetts, AS.SHUTTERSTOCK/NANCY KENNEDY Glouchester, Massachusetts, AS.

Latar belakang film ini sebagian besar berada di Gloucester, Massachusetts, yang merupakan pusat penangkapan ikan, seperti dikutip dari The Cinema Holic.

Sang sutradara film, Sian Heder dibesarkan di dekat Cambridge dan menghabiskan sebagian besar musim panas masa kecilnya di Gloucester.

Baca juga: Sinopsis CODA, Film Ramah Tunarungu yang Penuh Haru

Hal tersebut membuatnya menjadi akrab dengan komunitas nelayan serta memahami tantangan yang mereka hadapi. Latar belakang ini membuat Heder memutuskan untuk menjadikan keluarga kelas pekerja sebagai pusat filmnya.

Beberapa rumah tempat di Gloucester digunakan untuk syuting film CODA, termasuk rumah bergaya Victoria. Rumah ini pernah dikunjungi Heder saat masih kecil.

Sementara, kapal yang digunakan untuk syuting adalah kapal penangkap ikan bernama Angela & Rose milik Kapten Paul Vitale.

2. Rockport, Massachusetts

Rockpot, Massachusetts salah satu lokasi syuting CODA film terbaik Oscar 2022Dok. https://rockportusa.com Rockpot, Massachusetts salah satu lokasi syuting CODA film terbaik Oscar 2022

Masih dari sumber yang sama, lokasi syuting film CODA sebagian mengambil tempat di Rockport, Massachusetts. Lokasi ini dipilih untuk menunjukkan sisi otentik kehidupan nelayan keluarga Ruby.

Mengutip dari situs Rockport USA, Rockport merupakan kota pesisir yang terletak sekitar 40 mil di utara Boston yang merupakan bagian dari Tanjung Ann (Cape Ann). Untuk menuju kota pesisir ini, wisatawan akan melintasi area hutan dan rawa-rawa.

Beragam kegiatan dapat dilakukan wisatawan saat mengunjungi kota pesisir ini, antara lain menjelajahi pantai, berenang, menyelam, kayak, mendatangi Mercusuar Pulau Straitsmouth dan Mercusuar Kembar Pulau Thacher untuk melihat sunset, dan lainnya.

Meskipun berada di pesisir, Rockport memiliki akomodasi bagi wisatawan seperti boutique hotel serta kawasan pertokoan. Jika mengunjungi kota ini, jangan lupa untuk mencicipi aneka makanan laut yang ditangkap langsung oleh nelayan.

Baca juga: 9 Lokasi Syuting The Batman di Inggris, Ada Makam Bergaya Victoria

3. Halibut Point State Park, Rockport

Halibut Point State Park, Rockport, Massachusetts salah satu lokasi syuting CODA film terbaik Oscar 2022
Dok. Commonwealth of Massachusetts https://www.mass.gov Halibut Point State Park, Rockport, Massachusetts salah satu lokasi syuting CODA film terbaik Oscar 2022

Berdasarkan informasi dari situs Internet Movie Database (IMDb), lokasi syuting film CODA juga bertempat di Halibut Point State Park. Lokasi ini merupakan salah satu obyek wisata di Rockport.

Mengutip situs Rockport USA, Halibut Point State Park merupakan hutan koservasi yang berada di tepi laut. Di sini, pengunjung akan menyaksikan pemandangan unik perpaduan pepohonan hijau, batuan karang, dan pantai biru.

Baca juga: 9 Aturan Aneh di Negara Bagian Amerika Serikat, Ilmu Gaib Dilarang

Kawasan ini dikelola oleh Departemen Konservasi & Rekreasi (DCR) Massachusetts. Selain itu, terdapat situs bekas tambang granit yang bersejarah di Cape Ann.

Pada akhir pekan dan hari tertentu, ada tur tambang yang dapat dinikmati wisatawan. Dalam tur tersebut terkadang wisatawan diperlihatkan demonstrasi pemotongan granit. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.