Kompas.com - 03/04/2022, 16:16 WIB

KOMPAS.com - Ngabuburit atau waktu menunggu berbuka puasa menjadi momen yang identik dengan Ramadhan di Indonesia. Momen jelang berbuka ini banyak dinanti oleh umat Islam di tanah air dan diisi dengan berbagai aktivitas.

Salah satunya adalah berjalan-jalan di tempat wisata atau alam terbuka bersama keluarga dan teman. 

Baca juga: 8 Museum di Jakarta untuk Dikunjungi Saat Ngabuburit

Jika kamu berada di DKI Jakarta, banyak tempat untuk ngabuburit gratis sehingga ramah di kantong. Jangan khawatir, di sekitarnya banyak penjual takjil alias makanan untuk berbuka puasa. 

Tempat ngabuburit gratis di Jakarta

1. Taman Suropati 

Taman Suropati MentengShutterstock/Georgina Taman Suropati Menteng

Ingin menunggu azan maghrib sambil nongkrong di taman? Kamu bisa mendatangi Taman Suropati yang berlokasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. 

Taman kota ini dikelilingi dengan pohon-pohon rindang sehingga udaranya sejuk. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas di Taman Suropati sembari menunggu azan maghrib, seperti dikutip dari Kompas.com (22/06/2019). 

Baca juga: Rekomendasi 5 Tempat Wisata di Bogor untuk Ngabuburit

Di Taman Suropati kamu bisa jogging, duduk santai, berfoto, dan jalan santai. Tak jauh dari Taman Suropati, sekitar delapan menit dengan berjalan kaki kamu bisa menemukan Masjid Agung Sunda Kelapa untuk menunaikan shalat magrib atau tarawih.

Banyak penjual takjil di sekitar Masjid Sunda Kelapa, sehingga kamu bisa memilih santapan buka puasa. 

2. Setu Babakan 

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (17/10/2021).kompas.com / Nabilla Ramadhian Kampung Budaya Betawi Setu Babakan di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (17/10/2021).

Di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan atau lebih dikenal dengan nama Setu Babakan kamu bisa menghabiskan waktu ngabuburit sambil mempelajari kebudayaan Betawi. Lokasinya berada di Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan. 

Mengutip Kompas.com, (18/20/2021), banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan di Setu Babakan, seperti wisata budaya dengan mengunjungi rumah adat Betawi di tepi kolam. 

Baca juga: 9 Museum di Bandung untuk Ngabuburit, Bisa Sambil Belajar Sejarah

Jangan lupa untuk berfoto dengan latar belakang budaya Betawi. Selain itu, kamu bisa mengunjungi amfiteater yang lokasinya berada tepat di bagian belakang Museum Setu Babakan dan belakang area kolam. 

Sambil menunggu azan maghrib, kamu juga bisa berjalan santai karena area wisata Setu Babakan dikeliling dengan pohon rimbun.

Menjelang maghrib, kamu bisa berburu kuliner di sekitar kawasan Setu Babakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.