Kompas.com - 08/04/2022, 07:07 WIB

KOMPAS.com – Kereta Api (KA) telah menjadi sebuah moda transportasi yang banyak dipilih masyarakat untuk berpergian. Namun sejak pandemi Covid-19, terjadi banyak  peraturan baru yang wajib ditaati calon penumpang. 

Salah satunya adalah jika tak lolos pemeriksana dan terdeteksi terinfeksi Covid-19, penumpang tak boleh naik KA meski sudah membeli tiket. 

Untuk mengatasi hal tersebut, penumpang bisa melakukan pembatalan tiket dan mendapat refund atau pengembalian dana dari PT. Kereta Api Indonesia (KAI).

Baca juga: Syarat Naik Kereta Api Tanpa Tes Antigen dan PCR, Jarak Jauh dan Lokal

Perlu dingat bahwa nantinya pengembalian dana juga hanya bisa sebagian dan tidak 100 persen kembali lagi ke penumpang. 

Berikut ini adalah syarat dan cara yang harus diketahui penumpang kereta dalam melakukan pembatalan tiket agar bisa menerima refund, dikutip dari kereta-api.co.id, Kamis (7/4/2022). 

Syarat dan ketentuan pembatalan online tiket KA

1. Pemohon pembatalan adalah penumpang yang bersangkutan atau salah satu penumpang yang data dirinya telah terdaftar pada aplikasi KAI Access serta menggunakan akun KAI Access pemohon.

2. Pembatalan tiket melalui KAI Access dapat dilakukan selambat-lambatnya tiga jam sebelum KA berangkat dan kode booking yang dimiliki berstatus “Paid” serta belum dicetak sebagai boarding pass. Jika lewat dari waktu tersebut maka pembatalan dilakukan di loket stasiun online pembatalan.

3. Untuk pembatalan tiket dikenakan pengembalian bea sebesar 25 persen dari harga tiket dan di luar biaya pemesanan.

4. Pengembalian bea hanya melalui skema transfer bank. Pengembalian bea dapat dikirimkan ke rekening salah satu penumpang yang ada di dalam kode booking tiket yang dibatalkan. Nama dan nomor rekening bank yang diinput harus sesuai dengan nama dan nomor pada buku rekening bank.

Baca juga: Ini Cara Pesan Tiket Kereta Api Online lewat Website dan KAI Access

5. Apabila terdapat kesalahan input nama atau nomor rekening bank oleh pelanggan, maka proses pembatalan akan ditolak secara sistem dan penumpang dapat melakukan pengambilan tunai di loket stasiun yang ditentukan setelah mendapatkan pemberitahuan melalui SMS blast.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.