Kompas.com - 30/04/2022, 10:10 WIB

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Libur lebaran dua Candi di Kabupaten Sleman akan dibuka kembali untuk kunjungan wisatawan. Dua candi yang kembali dibuka yakni Candi Kalasan dan Candi Sari.

Kepala Dinas Pariwisata Sleman Suparmono mengatakan bahwa dengan keterbatasan yang ada, upaya pengembangan tetap dilakukan untuk memperkaya pariwisata Sleman.

"Pada masa liburan panjang besok, kami dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY bersepakat untuk membuka 2 candi lagi," kata Suparmono dalam keterangan tertulis, Jumat (29/04/2022).

Baca juga: 1 Juta Wisatawan Diprediksi Kunjungi Sleman Selama Libur Lebaran

Ia melanjutkan, Candi Kalasan dan Candi Sari sempat ditutup sejak awal pandemi Covid-19 pada Maret 2020.

Nantinya kedua candi yang mempunyai nilai historis sangat menarik dan saling berkait satu sama lain ini akan mulai menerima kunjungan wisatawan pada hari ke 2 libur Lebaran, atau Selasa (3/5/2022).

"Retribusi masuk ke masing-masing candi Rp 6.000," tutur Suparmono.

Stupa pada bagian atas Candi Sari Arif L. Hakim Stupa pada bagian atas Candi Sari

Kedua candi tersebut cukup strategis terletak tidak jauh dari ruas Jalan Solo. Lokasinya berada di sebelah barat atau sekitar 2 kilometer (km) dari Candi Prambanan.

Saat ini ada 3 candi yang beroperasional menerima kunjungan wisatawan yaitu Candi Sambisari, Candi Ijo dan Candi Banyunibo.

Khusus untuk Candi Kalasan, lanjut Suparmono, pengunjung belum diperbolehkan masuk ke dalam bangunan candi karena masalah teknis perlindungan situs.

Baca juga: Nama 600 Pemugar Candi Borobudur Diabadikan pada Prasasti

"Harapan kami dari kemegahan situs candi, nilai cerita sejarah, dan juga letaknya yang strategis dapat menjadi tujuan alternatif bagi wisatawan yang berkunjung ke DIY," imbuh dia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.