Kompas.com - 10/05/2022, 12:51 WIB

KOMPAS.com - Laos mencabut pembatasan masuk bagi wisatawan asing yang sudah divaksinasi Covid-19 dosis penuh, mulai Senin (9/5/2022).

Dilansir dari Bangkok Post, Minggu (8/5/2022), seorang pejabat senior mengungkapkan bahwa langkah ini diambil setelah negara tersebut mengalami penurunan kasus Covid-19 dan melandainya angka kematian akibat infeksi virus corona.

Laos telah melaporkan sebanyak 663.533 kasus virus corona dan 16.509 kematian.

Baca juga:

Kemudian, terjadi penurunan jumlah wisatawan asing hingga 80 persen pada tahun 2020, yang mana tahun sebelumnya, jumlah wisatawan asing yang mengunjungi negara itu adalah sebesar 4,7 juta orang.

"Pemerintah melihat sudah waktunya untuk membangun ekonomi. Langkah-langkah pelonggaran ini akan membuat pos pemeriksaan internasional dibuka kembali bagi warga negara Laos dan warga negara asing, dengan syarat vaksinasi dosis lengkap," tutur Juru Bicara Pemerintah, Thippakone Chanthavongsa. 

Syarat wisata ke Laos 

Parade perahu lampu di Luang Prabang, Laos.NOVA DIEN Parade perahu lampu di Luang Prabang, Laos.

Sejak Januari lalu, para wisatawan diminta untuk melakukan karantina selama tujuh hari, serta menunjukkan hasil negatif Covid-19.

Mereka juga dibatasi untuk bepergian di dalam area tertentu, dengan grup wisata yang disetujui secara resmi.

Chanthavongsa mengatakan, terdapat syarat masuk ke Laos, termasuk untuk wisatawan asing, yang telah dirangkum berdasarkan pendapat masyarakat dan para ahli, dikutip dari Laotiantimes.com pada Sabtu (7/5/2022).

Baca juga:

Warga negara asing yang sudah divaksinasi dapat masuk ke Laos tanpa menjalani tes Covid-19, baik dari jalur darat, air, maupun udara. 

Sementara itu, bagi warga negara asing yang belum divaksinasi harus melakukan tes rapid antigen yang dikeluarkan dalam waktu 48 jam sebelum keberangkatan, serta menunjukkan buktinya setibanya di Laos. 

Selain itu, wisatawan wajib membayar sendiri biaya pengobatannya jika positif Covid-19.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.