Kompas.com - 16/05/2022, 20:03 WIB

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Kunjungan wisata ke Gunungkidul, DI Yogyakarta selama akhir pekan dan libur Waisak membeludak hingga lebih dari 70.000 orang.

Adapun Hari Raya Waisak jatuh pada Senin (16/05/2022). Berdekatan dengan akhir pekan membuat hari ini dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk berwisata.

"Kemarin itu Minggu (15/05/2022) ada 57.084 pengunjung, sedangkan Sabtu (14/05/2022) masih landai, yaitu sekitar 12.761 pengunjung."

"Dengan total pendapatan dari 69.845 pengunjung sekitar Rp 560 juta," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul, Mohamad Arif Aldian saat dihubungi wartawan melalui sambungan telepon Senin.

Baca juga: 13 Pantai di Gunungkidul Yogyakarta, Bisa Mampir Saat Libur Lebaran

Menurutnya, angka tersebut hampir menyamai puncak kunjungan libur lebaran, yaitu sebanyak 59.244 orang.

Sebagian besar wisatawan yang datang adalah mereka yang saat ini memanfaatkan momentum tradisi Syawalan setelah Idul Fitri.

"Kebanyakan yang datang ini rombongan dari Jawa Timur, berdasarkan hasil pantauan kami," kata dia.

Wisatawan Berfoto di Kawasan Wisata Teras Kaca Pantai Ngluluran, Panggang, Gunungkidul, DI Yogyakarta Kamis (5/5/2022)KOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Wisatawan Berfoto di Kawasan Wisata Teras Kaca Pantai Ngluluran, Panggang, Gunungkidul, DI Yogyakarta Kamis (5/5/2022)

Arif mengatakan, pada Senin angka kunjungan wisata terpantau kembali melandai.

"Kami siapkan lebih banyak petugas, serta berkoordinasi dengan instansi terkait untuk pengamanan," kata Arif.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Gunungkidul Terbaru, Cocok untuk Liburan Akhir Pekan

Sementara itu, Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Surisdiyanto mengatakan, kunjungan wisatawan yang naik dalam dua hari terakhir membuat pihaknya meningkatkan pengawasan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.